DESTINATION, Malaysia, Others

Tips Jalan-Jalan Irit di Luar Negeri

melaka-malaysia-trip

Masa sih jalan-jalan keluar negeri bisa budget anak kosan? Terus emang ada gitu orang yang ngasih ini itu gratis selama di luar negeri? Iya iya, sabar dulu. Baca nih ulasan saya di bawah ini!

Namanya traveling di negeri orang apalagi jika tidak ada kenalan yang tinggal di sana, bayangan kita pastilah harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit buat biaya hidup selama trip. Tapi tahukah kamu ada beberapa hal yang sering luput dari perhatian turis/pelancong yang akan jalan-jalan di luar negeri. Apa aja hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat biaya traveling selama di luar negeri?


  1. JALAN KAKI

Mungkin terdengar biasa tapi dengan memutuskan berjalan kaki, kamu bisa menghemat biaya jalan-jalan di luar negeri. Misalnya di kota New York, untuk jarak 2KM saja, taksi online seperti Uber mematok harga $7. Jika dalam satu hari menggunakan taksi online beberapa kali, bisa bangkrut deh :(. Cari informasi tentang tata kota destinasi tujuan sebelum bepergian ke luar negeri. Selama masih ramah pejalan kaki, kenapa tidak ya kan?

Sekarang banyak aplikasi gratis yang bisa diunduh sebagai penunjang jalan-jalan kamu. Mulai dari aplikasi penunjuk jalan sampai pelacak kemacetan di sekitaran kota. Ada pula aplikasi khusus penunjuk lokasi untuk pejalan kaki. Rute mana yang paling cepat dan aman untuk pejalan kaki di kota. Jadi tidak ada asalan untuk malas jalan kaki :). Saya senang menggunakan aplikasi Moovit. Aplikasi yang sangat praktis digunakan untuk yang suka jalan kaki seperti saya.

2. MENGUNJUNGI TEMPAT IBADAH

Selain minta ampunan sama Sang Pencipta atas dosa-dosa yang telah dilakukan selama trip, mengunjungi tempat ibadah juga dijamin tidak menguras isi dompet. Sebagian besar tempat ibadah tidak memungut biaya buat pengunjung. Kalau untung, bisa dapat foto bagus dengan momen yang menarik pula atau bisa juga karena arsitektur bangunan yang memukau. Konten pun dapat, pahala juga.

3. MAKAN JAJANAN LOKAL

Kalau niatnya memang mau menekan budget jalan-jalan, lupakan sejenak junkfood, minuman alkohol, camilan untuk anak vegan. Saatnya beralih ke jajanan lokal yang tidak susah ditemukan di destinasi tujuan. Kalau kamu bepergian di sekitar asia tenggara, sangatlah mudah menemukan street food dengan harga yang cukup masuk akal. Kalau beruntung bisa icip-icip makanan rasa cita nusantara. Perut pun kenyang, isi dompet pun aman.

4. SEWA TOUR GUIDE

Hah? Bukannya malah menambah pengeluaran? Iya ini berlaku jika kamu bepergian sendiri. Tapi lain hal kalau traveling ber dua atau berlima. Dengan menggunakan jasa pemandu wisata lokal yang sudah paham seluk-beluk destinasi sekitar, maka akan menghemat waktu dan pengeluaran kamu. Banyangin kalau kamu tidak bisa baca peta, lalu kamu baru pertama kali ke negara tersebut. Karena panik, bisa saja kamu jadi banyak menggunakan taksi lokal dengan harga yang jauh lebih mahal. Ingat, untuk menghemat dana, kamu juga harus memaksimalkan waktu yang ada.

5. MAGER! YAUDAH DIAM DEKAT HOTEL/PENGINAPAN AJA

Kalu kamu tipe yang malas gerak kemana-mana padahal lagi di negara orang, kamu masih bisa menikmati liburan dengan cara main di sekitaran hotel tempat kamu menginap. Biasanya ada aja hal yang menarik yang bisa dilihat di sekitar. Coba eksplor sedikit bangunan-bangunan dekat hotel, kali aja kamu menemukan arsitektur yang bisa diabadikan. Lihat juga suasana orang sekitar, ngapain aja mereka? Human Interest Photograph, mungkin? Pilihan ada di tangan kamu, jangan malas haha 🙂

Mungkin ada yang mau nambahin tips irit kamu ketika traveling di luar negeri? Share di kolom komen yak 😀

NOTES: Galeri foto di atas adalah suasana kota Melaka, Malaysia. Kota yang sangat menarik untuk dieksplor. Buat kamu yang suka fotografi bangunan-bangunan otentik, wajib datang ke Melaka. Jangan lupa kulineran malam di sekitar sungai Melaka.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén