Others

Seagate One Touch SSD 1TB, Compact and Light

Sudah 2 tahun terakhir saya menjadi full-time video editor. Setiap hari pekerjaan saya tidak pernah luput dari file, footage, data. Semua file foto dan video klien wajib masuk ke memori laptop yang kian hari kian menumpuk.

Rata-rata ukuran file mentah video untuk satu projek adalah sekitar 10-50 GB. Ini tergantung resolusi video yang dikirimkan. Footage yang dikirim dalam resolusi 4K membuat wadah penyimpanan data saya meronta-ronta 🙁

Penyimpanan file yang sangat besar sangatlah perlu untuk kebutuhan saya. Jika mengandalkan ruang yang ada di komputer, tidaklah cukup. Banyaknya file yang menumpuk di penyimpanan internal sangat mempengaruhi kecepatan processing mesin komputer. Sering kali di tengah kerjaan editing, tiba-tiba laptop loading dan freeze.

Lalu apa solusinya sekarang?

MEET SEAGATE ONE TOUCH SSD 1TB ULTRA PORTABLE STORAGE

Setelah sebelumnya saya menggunakan Seagate SSD 500 GB, kini saya upgrade dengan kapasitas yang lebih besar. SEAGATE ONE TOUCH SSD 1TB ini adalah produk baru dari Seagate untuk memenuhi kebutuhan para content creator di dunia digital ini. Lalu apa saja yang menarik dari SSD ini? Apa kelebihannya?

SUPER KECIL DAN RINGAN

Ini adalah drive yang paling ringan dan terkecil yang pernah saya gunakan. Ukuran One Touch ini sangat kecil. Panjangnya hanya 7,5 cm dan lebarnya 5,5 cm. Sekilas hanya sebesar kotak korek api pada umumnya. Selain minimalis, SSD ini juga ringan. Saking kecilnya dan ringan, masuk kantong baju pun masih terlihat kecil.

DESIGN

Ketika masih berada di kotaknya, saya pikir ukuran dari SSD ini akan sama saja dengan pendahulunya yaitu dengan ukuran 10 cm. Eh ternyata salah besar, design-nya malah jauh lebih kecil dan tipis. Untuk tipe ini, sebenarnya ada beberapa pilihan warna namun saya tertarik warna silver campur putih. Tampak depannya dilapisi canvas berwarna silver sedangkan body belakang bahan plastik polos warna putih. Di bagian atas ditempel logo dari Seagate yang sekaligus juga bisa digunakan sebagai pengait aksessoris seperti gantungan.

SSD mungil ini sama sekali tidak memberatkan isi tas deh. Kalau gak mau ribet tinggal selipin saja di dompet 🙂

PERFOMA

Seagate One Touch SSD 1TB menggunakan USB tipe 3.0. Kabel ini masih sama dengan tipe SSD 500 GB sebelumnya. Yang menarik adalah, maksimal data transfer dari SSD 1TB ini adalah 400M/s. Untuk keperluan transfer file video yang besar, ini sangat meningkat buat saya. Kecepatannya 2 kali lipat dari hardrive biasa yang tipe HDD. Seagate sepertinya memang serius meng-upgrade produknya.

Karena Seagate One Touch SSD 1TB baru saya gunakan beberapa hari, tentunya saya perlu melihat lanjutan kualitas dari produk ini. Mungkin akan saya bagikan lagi update setelah beberapa bulan penggunaan SSD ini.

Kalian pengguna produk Seagate, kasih tahu dong pake HDD atau SSD tipe apa nih?

Leave a Reply