DESTINATION, NTT

Pulau Padar, Akhirnya Kita Ketemu

Begitu saya tahu Pulau Padar masuk dalam daftar #ExploreTheDiversity saya girang gak karuan. Sambil mengucap syukur saya pun mulai berimajinasi akan seperti apa perjalanan ke Pulau Padar. Pulau cantik yang sudah bertahun tahun saya impikan untuk dikunjungi. Dan akhirnya inilah saatnya, Pulau Padar, Akhirnya Kita Ketemu!

pulau-padar-labuan-bajo-ntt (1)

ASITA atau Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia untuk wilayah NTT baru-baru ini mengadakan famtrip ke Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pantai Pink. Ini adalah destinasi favorit dan idola oleh para wisatawan. Kalau bicara tentang pulau-pulau cantik, belum ada yang bisa mengimbangi Nusa Tenggara Timur. Pecahan surga alami tersebar disetiap sudut provinsi ini. Lalu kita harus bangga gitu? Yoi...

pulau-padar-labuan-bajo-ntt (2)

Kami menginap di Labuan Bajo sebelum kemudian melakukan perjalanan laut ke Pulau-pulau cantik tadi. Tujuan pertama kami adalah pulau Padar. Pulau tak berpenghuni yang masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Dari pelabuhan Labuan Bajo perlu sekitar 3 jam perjalanan menggunakan kapal sewaan agar sampai di Padar. Bosan dengan hubungan ini? Jangan uring-uringan dulu. Selama 3 jam diatas laut banyak hadiah yang bisa dinikmati. Hadiah alam NTT yang tak berkesudahan.

Saya nyaris tidak tergoda untuk tidur selama di kapal karena view sekeliling terpampang nyata dan merasa bersalah banget kalau sampai terlewatkan. Gugusan-gugusan cantik serta bukit-bukit kering kami lewati sepanjang perjalanan menuju Pulau Padar.

pulau-padar-labuan-bajo-ntt (3)

pulau-padar-labuan-bajo-ntt (4)

Setelah melihat bukit bebatuan besar yang terhempas oleh ombak laut, saya sempat berpikir kalau saya sedang tidak di Indonesia. Saya pernah menonton tayangan luar negeri dengan pemandangan yang nyaris sama dengan apa yanga ada di hadapan saya sekarang. Tuhan luar biasa ketika menciptakan alam Timur Indonesia.

Saya bersama teman-teman yang lain menikmati angin kencang di pelataran kapal bagian depan. Beberapa kali sempat muncul lumba-lumba melompat dekat kapal kami. Sayang, mereka sepertinya malu-malu jadi sulit untuk mendapatkan gambarnya.

pulau-padar-labuan-bajo-ntt

Selamat Datang Di Pulau Padar!

Panas terik langsung membakar kulit begitu turun dari kapal yang mengantar kami ke bibir pulau Padar. Sekitar jam 11 siang itu dan Matahari sedang panas luar biasa di padar. Tapi walau sedang musim kering namun sebenarnya masih terlihat beberapa pepohonan hijau yang berdiri diantara hamparan savana kering Padar.

Benaran deh, saya terpesona dan kagum banget dengan keindahan Pulau Padar ini. Belum sampai trekking ke puncak aja view nya udah bagus banget. Kiri kanan lautan biru dan mulai terlihat gugusan-gugusan pulau cantik. Warna turquoise pantai terlihat jelas dari kejauhan. Perlahan kami mendaki menuju puncak Pulau Padar. Ini kayak Akademi Fantasi ya kak! 🙂

pulau-padar-labuan-bajo-ntt

Sejenak berhenti di tengah perjalanan menuju puncak bukit. Dari sini wajib deh duduk sejenak di bebatuan besar yang banyak tersebar diantara jalan setapak. Kalau lagi panas gini mustinya ada payung yah. Untung saya pakai topi, walau panasnya masih menembus kepala. Paling tidak lumayanlah sebagai pelindung kepala.

Inilah puncak kenikmatan Pulau Padar!

Saya letakin sejenak kamera dan tripod saya. Saya duduk sejenak di tepi tebing, memastikan saya tidak kehilangan moment menikmati 360 derajat keindahan alam dari puncak Padar. Puji Tuhan, akhirnya kesampaian juga ke sini!

Entah kenapa Pulau Padar ini seolah menjadi salah satu wisata impian saya dari dulu. Mungkin karena tingkat keindahan pulau Padar ini yang membuat semua orang juga ikut terpukau. Inilah pulau Padar, pulau tak berpenghuni dengan eksostisme yang menakjubkan.

pulau-padar-labuan-bajo-ntt-puncak

pulau-padar-labuan-bajo-ntt (1)

Pastikan deh baterai kamera full dan ambil spot-spot cantik di puncak Pulau Padar. Tetap hati-hati karena bebatuan kecil di sini tajam. Kemudian tebing terjal kiri kanan puncak Padar ini juga perlu diwaspadai.

Oh yah, waktu terbaik mengunjungi Pulau Padar adalah pagi hari antara jam 8-11 pagi. Matahari belum begitu terik di jam ini. Sedangkan untuk bulan terbaik mengunjungi Padar dalam kondisi kering dan menguning seperti sekarang ini. Bulan April hingga Juni.

NOTES

• Pulau Padar terletak di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.
  • Penerbangan dari Jakarta-Bali-Labuan Bajo.
  • Dari pelabuhan Labuan Bajo bisa menggunakan fast boat dengan jarak tempuh sekitar 3 jam.
  • Trekking di Pulau Padar sebaiknya menggunakan sepatu/sandal gunung.
  • Trekking sampai puncak Padar sekitar 30 menit.

32 Comments

1. Tjakep yah fotonya. Kamera apa sih?

2. Padar ini sexy banget yaaaa, fotogenic abis

3. Padar ini sexy banget dan fotogenic

4. Aku belum nyampeee kesiiiiniiiiiiiii……. *terengah-engah

5. Saya kepengen banget ngerasain yang mas rasain! *eh hahaha suatu saat saya akan kesana juga mas, semoga! 😀

6. Kita kemarin kesiangan yak! Panasnya bukan main. Hahaha..but still lovin’ it!

7. Mantab banget ini tempat nya bang… Poto2nya juga kece…
    Asik nya visa explore tempat2 kek begini…

8. Mantab banget ini tempat nya bang… Poto2nya juga kece…
    Asik nya visa explore tempat2 kek begini… ajak2 bang… Hehe

9. Huahuahua Pulau Padar; itu gugusan perbukitannya benar-benar menggoda dan membuat mata pengen terus menatapnya 🙂

*Berdoa ada waktu bisa ke sana..

10. Wah pasti senang ya mas ya, akhirnya destinasi yang diimpi – impikan bisa dikunjungi juga,,,, pemandangan yang ditawarkan Pantai Padar ini memang begiu hot dan sexy,,,, keren dah, keren abis,,,

11. wah bagus banget ya pulau padar. lekukan pantainya itu bahenol abis

tp manjatnya kayaknya juga bisa bikin kaki pegel tuh -_-

12. Ini Pulau paling keren yang ada di kepulauan Komodo. Walaupun trakingnya panas banget tapi asli kebayar waktu sampai ke puncak.

13. Kamu ndakinya cuma 30 menit ya? Aku dooong lebih lama 😀 *lha begini bangga* hahaha

14. menahan napas liat foto2nya :).. cantik banget.. kantorku ngadain kompetisi utk semua staff.. bagi siapa yg bisa mencapai target, desember 2016 nanti, bakal dpt hadiah jalan2 gratis ke NTT ini, termasuk ke pulau padar.. pada semangat semua staff 🙂

15. target destinasi berikutnya nih, kayaknya mau foto dari sudut manapun tetap indah…

16. Sekarang kalau ditanya kemana destinasi yang paling seru, ya ke pulau padar ini..