DESTINATION, Java, Jawa

Pesona Curug Cipeuteuy di Kaki Gunung Ciremai

Majalengka benaran menggoyang kami yang beberapa kali harus gradak-graduk di dalam mobil kecil yang membawa kami menuju pintu gerbang kawasan konservasi taman nasional Gunung Ciremai. Jalanan yang belum sepenuhnya mulus, ditambah kemiringan jalan yang curam membuat kami harus turun dan berjalan kaki. Namun rupanya hasil tak menghianati usaha. Setelah hampir satu jam perjalanan dari pusat kota Majalengka, kami pun memasuki kawasan wisata alam Curug Cipeuteuy. Sambutan pohon pinus dan gemericik air pun mulai memanjakan telinga dan mata. Wilejeung Sumping!

Air bersih dan dingin mengalir dari gunung Ciremai membelah hutan Cipeuteuy. Pemandian yang disekat jadi beberapa bagian membuat curug ini layaknya kolam renang. Bedanya air di sini murni dari gunung Ciremai, sehingga bersih dan segar. Tanpa tedeng aling-aling Amir dan Yudha langsung nyebur. Awalnya mereka menggigil kedinginan tapi setelahnya berasa segar dan aura mereka pun kembali seperti semula :).

Curug Cipeuteuy berada di Blok Dukuh Pasir, desa Bantaragung, Kecamatan Sindarwangi, Kabupaten Majalengka. Curug ini masuk dalam kawasan konservasi taman nasional gunung Ciremai. Nama Cipeuteuy berasal dari kata Peuteuy yang artinya pete. Dulunya banyak pohon pete yang tumbuh di sini. Namun sekarang yang mendominasi adalah pohon pinus.

Curug ini selalu ramai pengunjung ketika akhir pekan. Beruntung kami datang weekday sehingga tidak banyak pengunjung menyerbu kolam alami ini. Kami pun leluasa melakukan adegan photo shoot dan mandi sepuasnya. Habis itu makan liwetan di saung yang berada di bawah pepohonan rindang. Mantapnya!

Berkunjung ke Cipeuteuy tidak hanya untuk mandi di tengah alam yang asri. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah melihat langsung habibat elang jawa. Trekking menyusuri hutan pinus atau bahkan camping di bumi perkemahan Awilega, yang letaknya tidak jauh dari Curug.

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata alam yang letaknya tidak jauh dari Curug Cipeuteuy. Misalnya Ciboer Pass. Terasering sawah hijau yang membentang luas. Pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dengan pemandangan hijau. Menikmati suasana matahari tenggelaman sambil nyeruput kopi khas lokal bisa jadi pilihan.

Masuk Curug Cipeuteuy cukup membayar Rp. 15.000 saja per orang untuk dewasa. Untuk anak-anak Rp. 5.000. Tidak perlu membawa makanan dari luar karena warung makan dengan harga murah ada di sepanjang jalan masuk Curug.

Jadi kapan kamu rebahan di mata air Curug Cipeuteuy ini?

6 Comments

  1. lenny

    uwoow asik yah di sini bisa shooting video pun gak bocor mumpung sepi.

    Aku mau balik mandi lagi~~

  2. Mas airnya bening bangetttt

    Itu fotonya juga bening banget !

  3. Memang untuk tempat wisata yang sudah terkenal dan bagus pemandangannya lebih enak pas weekday. Kebayang kalau pas liburan ke sini cuma liat air terjun yang isinya kepala melayang di atas kolamnya tanpa badan saking penuhnya yang nyemplung..

  4. Wuihh airnya bening gitu mas? Widihhh seger juga nih bersantai menikmati hari.

    Salam kenal dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

Leave a Reply

Theme by Anders Norén