DESTINATION, Papua

Pantai-Pantai Eksotis Di Jayapura

Yang saya tahu, pantai-pantai indah di Papua hanya ada di bagian baratnya. Rupanya salah betul.  Bagian timur juga gak kalah cantik.

Sebelum berangkat ke Papua, saya sempat browsing  deretan pantai di Jayapura. Memang ada beberapa ulasan dan bahkan video yang diupload pengunjung tentang beberapa pantai di Jayapura, namun tidak banyak postingan yang sudah dibagikan ke media sosial terutama Instagram. Ketika melihat langsung, rupanya lebih indah dari bayangan saya. So, langsung aja, ini dia wisata pantai di kabupaten Jayapura, Papua.

1. Pantai Harlem

Pantai ini berada di desa Tablasupa, kecamatan Depapre atau orang lokal menyebutnya distrik Depapre. Pantai ini punya pasir putih yang bersih. Deretan pohon kelapa di sepanjang bibir pantai menjadi ciri khas Harlem. Pertama tiba di pantai ini saya gak sabar ingin nyebur, karena kejernihan airnya menggoda betul. Langit biru dengan ombak yang tenang membuat suasana di pantai Harlem jadi romantis.

Mungkin karena musim libur, jadi lumayan ramai turis lokal yang datang ke pantai ini. Hanya tipsnya biar bisa nikmati suasana agak tenang, jalan sedikit ke arah timur pantai. Ada lokasi yang masih sepi. Puasin deh foto-foto tanpa banyak bocornya.

Untuk sampai ke pantai Harlem, akses dari kota Sentani (area Sentani International Airport) bisa menggunakan mobil atau sepeda motor sekitar 2 jam perjalanan ke pelabuhan Depapre. Lalu dari pelabuhan nyebrang sekitar 30 menit. Saya tidak yakin apakah bisa membawa sepeda motor untuk menyebrang, hanya jika ramai-ramai, sebaiknya menggunakan mobil aja karena jalan menuju pelabuhan masih tergolong rusak dan belum aspal hitam. Namun untuk yang suka petualangan, ini wajib dicoba sih.

Spot lain yang menarik di area pantai Harlem adalah, ada telaga air tawar yang hanya seukuran kolam renang. Ini menarik banget dicobain juga.  Hanya sekitar 20 meter dari pantai. Airnya jernih dan dingin. Habis main alir laut, bisa nih sekalian bilas 🙂

2. Pantai Amai

Tidak seramai pantai Harlem, namun Amai masih asik untuk disinggahi. Lautnya yang tenang dan karangnya yang terlihat jelas membuat kami berhenti sejenak di atas kapal dan mengabadikan momen. Pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi menjadi pemandangan yang indah. Pantai Amai ini adalah tetangga dari pantai Harlem. Sayangya tidak ada akses darat dari Harlem ke Amai, jadi wajib pakai kapal.

3. Pantai Tablanusu

Meninggalkan Harlem dan Amai, kapal kami bertolak ke pantai Tablanusu yang ada di sebelah Timur. Perlu sekitar 15 menit menuju pantai ini menggunakan kapal. Sekilas pantai ini bagaikan tak berpenghuni karena terlihat sepi. Rupanya dibalik rimbun pohon kelapa, ada desa Tablanusu, masih masuk dalam distrik Depapre. Saya suka banget dengan pantai ini. Walau tidak punya pasir putih seperti di pantai sebelumnya, tapi hei, lihatlah pantai ini dipenuhi batu kerikil hitam yang sangat cantik. Bukan hanya sepanjang garis pantai, seluruh area jalan komplek desa juga dilapisi batu kerikil yang berasal dari laut. Unik yah!

Buat yang bulan madu, Tablanusu ini wajib sih masuk list kalian. Suasananya sangat tenang dan tidak ada polusi sama sekali. Paling banter, lihat anak-anak saltoan dari atas perahu.  Oh yah, ciri khas dari pantai ini adalah pepohonan kelapa yang tak terhitung jumlahnya. Bisa pula dipesanin buahnya sama si abang-abang. Air kelapa muda langsung dari pohonnya ditambah semilir angin di Tablanusu, apalagi yang kau cari kisanak???

Yang udah pernah ke Jayapura, ada rekomendasi pantai lain gak? Yuk share di bawah 🙂

 

 

5 Comments

  1. Kemarin temanku ada bilang, pantai G-Base juga kece, sayang kita ndak sempat ke sana ya kak.

  2. anonim

    wah di jayapura keren2 wisatanya

    CV Tugu

  3. anonim

    keren wisatanya

    CV Tugu

Leave a Reply

Theme by Anders Norén