Amerika, DESTINATION

Oh Arizona…

Bulan Januari lalu tepat setahun perjalanan musim dingin yang kami lakukan ke Arizona. Terbang dari Cedar Rapids, Iowa transit di Dallas, lalu berlanjut ke Phoenix International Airport dan naik bus sekitar 4 jam menuju Lake Powell. Huft, cukup lelah juga belasan jam jadi pria udara. Bokong rasanya hancur lebur karena duduk berjam-jam di kursi kabin yang sempit. Eh tapi sepanjang road trip sih gak terasa karena rame-rame. Ditambah pula akhirnya ketemuan sama teman-teman Indonesia lagi setelah kurang lebih 6 bulanan pada sibuk kuliah di negara bagian masing-masing. Jadi sebenarnya ini sekalian Mid Year Reunion gitu.

LAKE POWELL

Tak disangka tak dinyana, rupanya keindahakan plataran Lake Powell membuat saya berdecak kagum dan lupa sejenak, betapa sudah jauhnya perjalanan yang kami tempuh ke tempat ini.

Pagi itu, sengaja bangun lebih awal agar bisa menyaksikan matahari terbit ini. Semburat langit warna pastel langit pagi itu menenangkan jiwa. Memang Arizona masih winter seperti di negara bagian lain walau tidak se-ekstrim di Iowa (tempat tinggal saya) yang – 9 saat itu. 

Tak mau melewatkan momen sunrise yang hanya beberapa menit saja, saya dan beberapa teman lainnya buru-buru gantian pose di tepi Lake Powell dengan pemandangan yang maha tak tergambarkan.

LAKE POWELL BOAT TOUR

Seketika saya takjub betul dengan hamparan keindahan alam danau ini setelah matahari mulai naik. Kami akan menyusuri Lake Powell dengan speed boat. Begitu naik kapal, saya fokus menyaksikan indanya alam ini. Bagaimana tidak, danau buatan manusia ini benar-benar seperti tidak nyata. Dikelilingi hamparan gurun gersang ditambah lagi bukit bebatuan merah menjadi ciri khas Lake Powell.

Cuaca yang masih berangin seolah tak berarti, kala kamera saya sibuk mengabadikan setiap adegan keindahan Lake Powell dari dek kapal. Sekitar dua jam kami mengitari seisi danau, masuk ke seluk beluk tebing khas berwarna merah kecokelatan di dinding danau. 

Sebenarnya danau ini disebut juga sebagai waduk, namun lebih populer disebut danau karena panjangnya membelah daratan Utah dan Arizona. Oh ya, danau ini juga menjadi penyumbang tenaga listrik yang besar loh untuk beberapa tetangga negara bagian Arizona seperti Colorado sampai ke New Mexico.

Lanjut dengan sesi foto-foto, paling tidak foto ada penampakan diri sendiri sekali lah ya, entah kapan lagi bisa ke sini yekan :). Sialnya karena keasikan dengan kamera, lupa nanya mba-mba petugas speed boatnya paketan harga. Memang sih, trip ini dibayarin jadinya kami yang ikutan manut aja tanpa banyak cingcong.
 
This image has an empty alt attribute; its file name is lake-powell-boat-576x1024.jpg

ANTELOPE CANYON

Belum surut rasa kagum dengan keindahan Lake Powell, kami diajak ke Antelope Canyon, destinasi yang sebenarnya tidak begitu jauh dari Lake Powell. Jujur saya tidak menyangka kalau ini adalah destinasi yang dari dulu penasaran lihatnya, lah pas tiba malah bingung sendiri, bertanya dalam hati benar gak ya, ini tebing dan goa yang ala-ala diukir itu? Dan misteri itupun akhirnya terungkap tanpa tedeng aling-aling *drum roll*

Canyon dalam bahasa Indonesia ngarai atau tebing, kadang diartikan juga sebagai jurang yang dalam. Benua Amerika dan Afrika memang terkenal dengan deretan tebing dan jurang yang menyimpan keindahan alam. Sebut saja Grand Canyon yang dialiri sungai Colorado yang membentang sepanjang 400 km lebih, menjadi salah satu taman nasional warisan dunia yang sampai kini dilestarikan. 

Tebing yang seolah diukir ini nyatanya tidak disentuh sama sekali oleh tangan manusia, apalagi tangan-tangan jahil. Ukiran tebing ini terbentuk secara alami oleh gerusan pasir dan debu yang dibawa angin atau ketika hujan turun. Ajaibnya, kok bisa yah bentuknya bagus begitu.

Antelope Canyon ini berada di hamparan padang gurun Page, Arizona. Dari kota Phoenix butuh 4 hingga 5 jam berkendara. Sedangkan dari Lake Powell hanya sekitar 30 menit. 

Dua destinasi ini mengajarkan saya bahwa Amerika itu punya banyak keindahan alam yang dijaga dengan baik dan dilestarikan oleh warganya. Selain bersih, Lake Powell dan Antelope ini juga punya udara yang bersih. World class destinations!

Hampir seminggu berada di Arizona, masih ada beberapa destinasi lainnya yang ingin saya bagikan. Mulai dari kocar-kacir berburu foto di tebing Grand Canyon sebelum matahari tenggelam, sampai hiking di red rocks Sedona. Oh sungguh tak sabar ingin mengulik dan menjabarkannya. 

Kalian punya destinasi favorit gak yang pengen banget dikunjungi tahun ini? Coba di-share di bawah!

2 Comments

  1. lenny

    Katanya si Antelope Canyon sih karena dulu tempat lewat air juga makanya bentuknya begitu.

    Wah kalian sempat sunrise-an yah..aku keknya tepar seperti biasa.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén