DESTINATION, SUMATRA

Staycation Lebaran Di Medan

Yheii akhirnya pulang kampung juga!

Tradisi pulang kampung atau mudik sudah mendarah daging bagi warga Indonesia. Mudik semakin seru ketika bertemu dengan saudara lainnya yang datang dari perantauan. Tahun ini saya juga turut pulang kampung. Bukan karena mau merayakan Hari Raya Lebaran, namun bersua bersama keluarga adalah tujuan utama saya. Medan, kota tujuan saya untuk menuntaskan misi musim libur tahun ini.

Walau saya tidak merayakan Lebaran dan tidak menikmati opor ayam yang populer itu, saya tentu tidak mau juga kehilangan momen mudik begitu saja. Setelah beberapa hari kumpul bersama keluarga, saya mulai kebingungan mau bepergian ke mana. Setelah mutar otak, saya putuskan iseng cari hotel buat staycation saja. Awalnya pesimis banget kalau harga hotel tepat pada hari H Lebaran akan melambung tinggi di Medan, eh rupanya nasib berkata lain, saya malah dapat harga hotel yang masih sesuai dengan budget saya. Jadilah saya packing dan siap untuk staycation di Fourpoints by Sheraton Medan. 

First Impression

Kesan pertama saya ketika melihat hotel ini adalah klasik dan imperial. Lobby yang didesain serasa saya berada di Dubai atau di Eropa. Ditambah lagi nuansa warna krem dan gold yang membuat kesan mewah. Ketika proses check in di resepsionis, saya sengaja request tempat tidur dengan tipe double atau satu, karena saya akan menginap sendiri tanpa ada yang menemani haha.

Di kamar yang berada di lantai 6, saya kembali disuguhi susasana gotik dan klasik. Mulai dari warna dinding, hingga furniture di kamarnya pun senada. Ini akan menjadi pengalaman yang berbeda.

Restaurant

Terdapat restaurant persis di sebelah resepsionis lobby hotel. Konsepnya masih boutique dan glamour. Sementara untuk breakfastnya, menu buffet menjadi pilihan saya pagi itu. Ada banyak jenis makanan yang bisa disantap, mulai dari salad, makanan berat hingga beragam jenis kue. Saya sangat menikmati sarapan pagi itu.

Pool with City view

Salah satu bagian favorit saya dari Fourpoints by Sheraton Medan adalah swimming poolnya yang berada di lantai 2. Pool ini menyajikan pemandangan kota Medan. Memang sih, tidak mencakup semua lanskap kota Medan, namun beberapa gedung pencakar langit masih dapat dinikmati. Tertarik juga untuk berkeringat sebelum berenang? Sempatkan gym di fitness center yang persis berada di sebelah pool di lantai 2. Kalau poolnya tutup jam 8 malam maka fitness center hotel ini dibuka hingga 24 jam.

Oh iya, saya pesan hotel untuk satu malam di Traveloka. Seperti biasa, pesan tiket pesawat dan hotel selalu lewat mobile apps Traveloka. Karena saya tidak mau ribet harus buka laptop buat booking tiket dan hotel, hampir semua pemesanan saya lakukan lewat smart phone. Selain praktis (kurang dari 2 menit) voucher sudah terbit, biaya tambahan lain pun tidak ada. Langsung bisa check in deh. Nih saya sempat capture 4 langkah mudah dan cepat pesan hotel tempat saya menginap beberapa waktu lalu.

Saya sengaja pilih tempat staycation di Fourpoints by Sheraton Medan karena reviewnya bagus, lokasi dekat ke pusat kota Medan dan yang utama sangat dekat dengan tempat-tempat hits di kota Medan. Saya hanya perlu naik gojek 5 menit ke Merdeka Walk, 6 menit ke stasiun Kereta Api dan masih ada beberapa tempat populer di Medan yang mudah dicapai. Hotel ini berada di Jalan Gatot Subroto. Buat kalian yang suka nge-mall, lokasi ini sangat cocok karena dekat dengan beberapa mall besar di Medan.

Sebelumnya saya juga beberapa kali membuka blog teman saya yang sering mengulas tentang hotel di berbagai kota di Indonesia termasuk Medan yaitu kopertraveler.id. Informasinya cukup bagus dan lengkap sehingga saya yakin untuk mempertimbangkan tempat staycation sebelum booking.

Wisata Terdekat

Walau saya tipikal anak pantai, jika berkunjung ke heritage city seperti pusat kota Medan, tentu saya tidak akan pernah menolaknya. Mutar-mutar di gedung tua London Sumatra dan Titi Gantung aja saya bisa berjam-jam.

Selain masih terawat dengan baik, bagunan  tua di area Bank Indonesia masih menjadi primadona untuk berfoto. Saya sempatkan hunting beberapa foto dan video selama berada di sini. Jika ingin eksplor lebih banyak, Istana Maimun dan Masjid Raya Medan juga wajib dikunjungi.

Di sela-sela leyeh-leyeh di hotel, saya juga sempat main ke Merdeka Walk dan Titi Gantung. Lama juga gak ke tempat ini. Di Merdeka Walk enaknya berburu kuliner di malam hari. Saya mampir ke Ayam Penyet pedes Ria yang konon enak. Untuk harga juga masih pas di kantong. Tempat ini saya rekomendasikan buat kalian yang hendak ingin mengajak keluarga.

Sedangkan di Titi Gantung cocoknya siang hari hunting foto dengan jembatan gantung berlatar belakang vihara dan rel kereta api di stasiun Medan. Foto-fotonya akan saya posting di Instagram @richo_sinaga

Gimana dengan cerita mudik Lebaran kalian tahun ini? Ada yang staycation di hotel juga? Kasih tahu dong di kolom komentar 🙂

8 Comments

  1. Entah kapan lagi balik ke Kota Medan ini, tiap pulang selalu langsung ke kampung halaman di Sibolga. Cemana kabar Kota Medan sekarang bang Naga?

    • Staycation semalam or dua malam seru juga nostalgia. Medan makin bersih kutengok. Gak semua sih haha

      Yg jelas kereta cepatnya ke Bandara warbiasak.

      Oh iyah, akka becak masih banyak puang haha

  2. Aku… aku.. aku belum pernah ke Medan..

    Bookingin kamar buat aku nanti ya kak!

  3. Medan…. asiknya makan mi aceh titi bobrok deh 🙂

    Btw, sama dong kalo urusan hotel dan pesawat emang traveloka udah jadi andalan saya juga. tos!

  4. ya ampun. jadi pengin ke Medan. #lirik2 Bang Bob

Leave a Reply