DESTINATION, Java, Jawa

Pesona Jawa Tengah Dalam Balutan Parade Seni Budaya

Bukan kali pertama ini saya ke Jawa Tengah. Apalagi menyaksikan "pesta rakyat" yang mempertontonkan karya seni setiap daerahnya. Namun saya selalu jatuh cinta dengan segala hal yang berbau budaya Jawa Tengah. Mari saya ajak ke Parade Seni Budaya Jawa Tengah, yang dipusatkan di Alun Alun Kota Magelang.

jawa-tengah-magelang-parade--rakyat-2016

Diawali dengan datangnya hujan di Kota Magelang, acara puncak ulang tahun Jawa Tengah yang ke 66 pun tetap dilanjutkan walau dimulai baru jam 7 malam. Saya bersama rombongan blogger-blogger tanah air bersemangat memasuki area tribun. Setelah desak-desakan dan becek karena habis hujan, syukurlah kami tetap tidak mendapatkan kursi di pelataran panggung utama haha. Semua ini karena hujan yang membasahi hampir semua kursi. Namun kami tetap tegar dan bersemangat menunggu momen luar biasa nantinya.

jawa-tengah-magelang

jawa-tengah-magelang-parade

Perlahan tapi pasti, setiap perwakilan daerah dari kurang lebih 35 kota kabupaten di Jawa Tengah turut ambil bagian dalam parade budaya kali ini. Semuanya menampilan pesona daerahnya masing-masing. Sementara para penonton pun semakin tidak terkendali yang "mengepung" alun alun. Rupanya mereka sangat antusias menyaksikan pesta sekali setahun ini.

jawa-tengah-magelang-parade-pesta

Saya sangat kagum dengan kepiawaian para anak-anak muda yang berlenggak-lenggok di depan para penonton. Semuanya tampil maksimal dan seolah tidak mau kalah dengan peserta dari daerah lainnya. Belakangan saya ketahui, rupanya parade budaya ini sekaligus dikonteskan sehingga di akhir acara akan ada pemenang dengan penampilan terbaik. Wah!

jawa-tengah-magelang-parade-pesta-rakyat

jawa-tengah-magelang-parade-pesta-rakyat-2016

Sementara itu, malam semakin larut dan pesta arak-arakan  pun belum berakhir. Sorak sorai dan tepuk tangan para penonton pun masih aja menggema, termasuk teriakan tak tebendung para wanita yang sibuk menikmati penampilan marching band anak-anak taruna. Duh!

jawa-tengah-magelang-parade-pesta-rakyat-2016-photo

13 Comments

  1. Semua kabupaten dan kotamadya All Out ya mas performance nya, apalagi Akmilnya..unyu unyu

  2. aku terpesona ama macan main drumband ituhh

  3. foto-fotonya bagus kaaaak!
    Duhh siapa sihh wanita2 yang sibuk menikmati penampilan marching band anak-anak taruna itu….gak inget umur apah?
    *brb buang KTP*

  4. aku suka ma penari dari surakarta totalitas banget tp penari pertama juga hebat sih 500 penari kan ya

  5. seru banget parade kesenian HUT Jateng ke 66 di kota magelang malam itu. spekta!

  6. Mbak indiannya keliatan cantikk

Leave a Reply