DESTINATION, Sulawesi

Pesona Indonesia: Festival Pesona Selat Lembeh

Suara drum band menggelegar, warna warni umbul-umbul dan bendera mewarnai lautan Bitung!Β 

Pesona Indonesia, Festival Pesona Selat Lembeh menjadi sebuah perhelatan besar buat warga Bitung, Sulawesi Utara. Saya sangat beruntung bisa menyaksikan karnaval budaya Bitung yang sangat memikat.

festival-selat-lembeh-bitung

festival-selat-lembeh-bitung-pelabuhan-bitung

Festival Selat Lembeh dipusatkan di pelabuhan pelelangan Bitung. Kalau biasanya pelabuhan itu identik dengan kotor, beda dengan pelabuhan ini. Saya harus bilang salah satu pelabuhan yang sangat bersih yah di Bitung ini. Airnya jernih dan tidak kotor sama sekali. Anak-anak juga tampak sangat asik bermain dengan kejernihan air di sini tanpa harus merasa kotor, berrr!

festival-selat-lembeh-bitung-sulut-pelabuhan

festival-selat-lembeh-bitung-penonton-bitung

Festival Pesona Selat Lembeh tahun ini diadakan dari tgl 6-10 Oktober 2016. Baru kali ini festival ini heboh dan ramai. Bayangkan saja, untuk mencari ruang kosong untuk parkir saja susahnya minta ampun di area festival. Tahun ini memang masyarakat Bitung sangat antusias baik menjadi bagian dari penampil di acara ini atau hanya sekedar penonton. Media yang hadir pun mulai dari nasional hingga mancanegara, wow!

festival-selat-lembeh-bitung-model

festival-selat-lembeh-bitung-penonton

Puas menyaksikan arak-arakan kapal yang dihiasi berbagai warna umbul-umbul, saya bergerak menuju lapangan utama festival. Terlihat para anak muda sedang asik memperagakan tarian tradisional khas Sulawesi Utara. Ada pula yang memamerkan pakaian adat khas suku Minahasa. Luar bisa riuh kala itu. Oh yah, ada seorang ibu yang nampaknya mencuri perhatian saya dengan rambut Giring Nidjinya yang berwarna warni mentereng. Thank's God!

festival-selat-lembeh-bitung-sulut

festival-selat-lembeh-bitung-modle-wanita

festival-selat-lembeh-bitung-balon

Sebelum acara puncak malam itu, saya pun berkesempatan masuk kapal penumpang yang sangat besar yang bersandar di pelabuhan Pelelangan. Masih di area festival, sedang berlangsung acara masak-memasak yang dipandu oleh seorang Chef lokal. Gubernur Sulawesi Utara dan Walikota Bitung turut menjadi bagian acara tersebut. Saya sibuk mengambil gambar dari sela-sela para media yang meliput.

festival-selat-lembeh-bitung-chef

festival-selat-lembeh-bitung-sashimi

Sudah pernah makan Shashimi khas Bitung? Sebelum menyaksikan malam puncak Festival Selat Lembeh, saya berburu kuliner di booth kuliner yang ada di dermaga. Daging ikan tuna segar diberi sambal kacang dan kecap. Ada bawang putih dan beberapa resep yang diracik si mba penjual. Rasanya memang enak dan ini pertama kali saya makan, rasa asamnya lumayan menggetarkan lidah. Tertarik untuk mencoba daging ikan mentah ini?

festival-selat-lembeh-bitung-richotraveling-com

festival-selat-lembeh-bitung-malam-puncak

Malam yang ditunggu pun tiba. Ratusan penari yang terdiri dari anak-anak dan remaja mewarnai panggun terbuka yang sangat besar. Pancaran lampu LED dimana mana. Konsep malam itu sangat luar biasa. Cerita yang dilakonkan para penari sangat menarik. Mengangkat sejarah tari Cakalang yang menjadi legenda di Bitung. Belum lagi suara merdu para penyanyi lokal yang luar biasa.

Festival Pesona Β Selat Lembeh menjadi satu pengalaman baru buat saya dan bahkan mungkin para pengunjung yang turut hadir. Cerita sejarah kejayaan dan kemakmuran di Bitung dibalut dengan pementasan tarian seni budaya yang menarik.

festival-selat-lembeh-bitung-puncak-acara

:

12 Comments

  1. duh tatapan ganas pria di cover ituuuuu..
    Benar-benar semarak yah festivalnya

  2. Wah seru banget acara festival selat lembehnya, dari dulu pengen liat langsung acara festival budaya kaya gini tp belum sempat terus ;(

  3. Wiuhhhh seru rame banget
    Kangen diving di lembeh jadi nya

  4. festivalnya kerenn …. sampai menarik banyak turis lokal dan mancanegara ya …. tidak hanya selat Lembeh, tapi semakin banyak daerah2 yang mengadakan acara festival seperti ini … semoga semakin maju juga dunia pariwisata Indonesia

  5. Jernih bener hasil jepretannya kak

  6. Iya, saya mendengar Festival Pesona Selat Lembeh ini. Memang katanya keren dan membaca tulisan ini juga membuktikan ternyata festivalnya keren. Yang bikin saya penasaran adalah kapal nelayan pating hias. Ah, semoga tahun depan bisa datang ke sana, mas πŸ™‚

Leave a Reply