Bali, DESTINATION, Hotel

Pesan Hotel Makin Mudah

Akomodasi adalah salah satu pos pengeluaran yang cukup bikin budget naik turun. Apalagi buatku sebisa mungkin harus nyari tempat menginap yang nyaman biar besoknya siap tempur menjelajahi destinasi baru. Tapi hotel yang nyaman tentulah harganya kadang bisa bikin kantong gak nyaman. Tapi untunglah berbekal beberapa kali pengalaman menginap di hotel, kini saya punya beberapa tips buat bobo cantik di hotel tanpa bikin kantong jebol:

  1. Cari tanggal sepi hotel tersebut

Perlu banget tahu kapan saat low season hotel yang diinginkan biar kita tahu kapan hotel itu bisa jadi murahan. Misalnya hotel di kawasan pusat bisnis Jakarta, ketika weekday biasanya malah penuh dan mahal. Tapi giliran weekend, para tamunya yang rata-rata pebisnis udah pada balik dan check-out. Jadilah mereka bakal kasih paket staycation yang lebih murah biar tetap ada yang mau ngisi kamarnya.

  1. Booking Jauh hari

Jangan mepet-mepet. Ingat guys, makin dikit kamar tersedia, maka makin jual mahal si hotel karena mereka yakin bakal tetap dapet tamu meski harga dinaikin.

  1. Pesen sekarang, bayar nanti

Gini gini. Lagi bulan tua, tapi hasrat staycation membuncah. Padahal gajian masih seminggu lagi. Gimana dong? Tenang aja. Sekarang di Traveloka bisa pesen sekarang, bayarnya belakangan alias Pay at Hotel. Jadi program ini buat kita-kita yang mau pesen hotel, tapi bayarnya ntar aja pas di resepsionis hotel. Meski harus pake jaminan dengan booking melalui kartu kredit, tenang aja, wahai sobat misqin-ku, saya juga gak punya kartu kredit kok. Jadi caranya adalah mintain tolong temen yang punya kartu kredit buat booking kamar atas nama kita.

Voila! Tidak bakal dikenakan biaya apa-apa kok. Caranya juga gampang, yakni sama persis kayak pesan hotel biasanya. Pas search area, misalnya Bali, pilih tab Pay at Hotel, nah nanti keluar tuh hotel-hotel yang bersedia kita PHPin dulu. Habis itu masukkan kapan waktu checkin dan data diri seperti biasa. Habis itu yah sudah kita bakal dapat email konfirmasi. Selanjutnya tinggal nonggol aja tuh ke hotelnya di hari kita check-in. Tapi kali ini jangan lupa sudah bawa uang yah. Nanti bayar pas di hotelnya juga simple, bisa pake kartu kredit ataupun duit segepok.

Fitur macam gini tuh penolong banget kalau misal sudah ada plan traveling jauh-jauh hari, misalnya ke Bali. Daripada takut kamarnya sudah habis, mending di-booking aja. Kalaupun nanti karena ada halangan gak jadi ke Bali, yah tinggal di-cancel aja guys. Β Kena biaya gak kalau cancel? Gak dong πŸ™‚ Tapi pastikan baca syarat dan ketentuan tiap hotel yah. Double check bila perlu biar gak kena charge.

Asik banget kan? Fitur ini juga bakal membantu banget kalau mau apply visa ke Luar negeri di mana biasanya kan harus ada bukti pemesanan hotel. Kadang syarat ini tuh bikin beban yah secara hotel di luar negeri itu harganya selangit. Sedangkan kalau pesen hostel, kok kesannya gak elit yah? Yang ada tar malah visa ditolak. Oleh karena itu, besok-besok pake fitur ini aja deh buat booking. Begitu visa keluar, bookingan bisa di-cancel dan tar tidurnya numpang di sofa orang saja. heheh

  1. Gunakan promo atau diskon dari tempat lain

Sebelum booking satu hotel, coba cek penawaran di website si hotel karena terkadang ada special deals. Kalau enggak bisa juga coba di traveloka karena biasa suka ada kode kupon yang bisa buat menghemat pembayaran. Oh ya selain itu fitur poin yang berlaku di Traveloka ini juga juara banget karena bisa dipakai buat pangkas harga kamar. Kadang aku pakai poin bisa dapat harga kamar hingga setengahnya loh.

  1. Kenalan sama temen yang jual voucher hotel murah meriah

Guys hubungi aku yah kalau butuh hotel murah. Harga cincai aja nih πŸ™‚

  1. Patungan guys!

Jangan bobo sendiri, gak asik, gak ada yang bisa diajak ngobrol dan diajak bayar kamar hotel!

Ada yang punya tips yang lebih ajaib lagi buat dapat harga kamar murah meriah?

9 Comments

  1. Kalau saya biasanya membandingkan dulu harga di aplikasi A, B, C heheheheh. Atau cek email, kadang ada muncul diskonan.
    Kalau emang gak ada diskon bener enak pesan jauh-jauh hari. Biar aman πŸ™‚

    • Ini setuju banget, palagi bawa keluarga yang butuh lebih dari satu kamar yak. Harga musti tetap cincai πŸ™‚

      • Setuju hahahhahaa; aku pernah kepentok butuh beberapa kamar, dan beruntung dari pihak hotel ngasih harga khusus. Kadang pesan hotel jauh-jauh hari ditambah pesannya lebih dari 3 kamar mendapat respon baik dari pihak hotel πŸ˜€

  2. Wihhh ada fitur baru lagi yah di Traveloka. Brb ngecek dulu~~

  3. Evi

    Sebetulnya, kalau mau susah dikit, banyak cara untuk mendapatkan hotel dengan harga miring ya, Kak Richo. Rahasianya mau menjalani prosesnya dengan sabar πŸ™‚

  4. tips yang sangat applicable banget untuk dapat hotel murah … tapi ujung2nya suka dadakan mulu … alias ngga jauh hari … jadi mahal deh πŸ™‚

Leave a Reply

Theme by Anders Norén