DESTINATION, Hotel, Java, Jawa, Review

Novotel Semarang, My Home For Few Days

Setelah beberapa hari trip di Semarang bersama beberapa teman blogger lainnya, saya melanjutkan staycation di Novotel Semarang.

Sudah lama ingin leyeh-leyeh setelah sebelumnya kerjaan saya di Bali menumpuk. Saatnya menyisihkan sedikit waktu untuk memulihkan rasa lelah. Novotel Semarang menjadi  rumah persinggahan saya untuk beberapa hari.

First Impression

Sehari sebelum saya menginap di Novotel, dari kejauhan saya melihat gedung hotel ini. Prediksi awal saya kalau hotel ini layaknya hotel kecil. Sampai pada akhirnya saya tiba di lobi Novotel, saya salah besar. Lobi nya aja luas banget. Belum lagi resto dan beberapa ruangan lainnya masih berada di area lobby. I am totally wrong!

Melipir ke kamar dengan luas tempat tidur yang cukup buat ditempati 3 orang. Ada sofa lucu yang menjadi tempat favorit saya ngopi sambil main handphone. Novotel dengan kelas bintang 4 menyediakan empat jenis kamar yaitu standard room, superior room, executive room dan suite room. Saya beruntung karena mendapat best view dari kamar yang langsung ke arah kota dan swimming pool.

And the lazy days just ON @novotelsemarang 📷 @disgiovery __ #novotel #semarang

A post shared by BLOGGER (@richo_sinaga) on

Spend a lot of time in the room 🎩 __ #novotel #semarang

Keseharian saya selama di kamar, duduk manis disamping jendela, menatap lalu lalang kendaraan di jalan Pemuda. Asik juga rupanya, karena saya jarang-jarang menginap di hotel dengan view kesibukan lalu lintas kota. Dari kamar ini saya malah mendapat inspirasi baru.

Swimming Pool

Beranjak ke kolam renangnya yang ada di lantai 1. Untuk keluarga yang sedang liburan kolam renang ini tergolong besar karena bentuknya memanjang. Jika sehabis renang pegal, cobain deh In Balance Spa yang persis berada di sebelah pool. Kalian yang mungkin suka bakar kalori, ada fitness center juga yang menyatu dengan In Balance Spa. Masih di lantai satu, ada sauna yang bisa digunakan sehabis spa.

Selain berbagai kenyamanan yang ditawarkan di dalam kamar Novotel, mereka juga rupanya menawarkan suasana makan yang nyaman untuk lunch dan dinner. Citrus Restaurant And Bar. Resto ini berada di dekat lobi. Buat kalian yang menginap bareng teman, Citrus bisa menampung banyak tamu karena luas.

Square restaurant adalah resto khusus buat sarapan para tamu Novotel. Resto ini berada di lantai Mezzanine atau persis berada di atas lobi.  Mari ngopi dulu!

Sebenarnya tanpa keluar hotel, di sini semuanya sudah lengkap. Mulai dari makanan dan fasilitas lainnya. Saya sendiri lebih banyak menghabiskan waktu di hotel daripada kelayapan. Oh yah, Novotel Semarang ini juga persis di seberang dari Paragon Mall. Asik tuh buat kalian yang doyan ngemall.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan dari Novotel, Club 123 (One Two Three) kayak lagunya Sia yah :). Club ini berada di area basement. Saya sempat mampir ke 123 untuk unjuk bakat halah. Maksud saya menikmati lantunan musik dari band pengisi acara. Ada pula live DJ yang siap memanjakan tamu dengan dentuman musik electro progressive.

Pastikan icip segelas cocktail kalau ke sini. Badan akan terasa lebih hangat dan bergairah.

PILIHAN HOTEL BUDGET

Tidak bisa dipungkiri setiap orang memiliki tipe hotel masing-masing. Baik itu dari segi fasilitas maupun harga. Semua perlu pertimbangan sebelum menginap di salah satu hotel. Untuk Novotel Semarang memang tergolong Business Hotel, di mana para businessperson hanya menggunakan fasilitas hotel untuk waktu yang singkat. Namun buat saya sendiri, antara bekerja dan bersantai masih saya dapatkan di hotel ini.

Jika kamu tidak punya anggaran yang lebih untuk stay di Novotel, tenang, ada ibis budget yang masih bisa kamu tempati untuk kunjunganmu di Semarang. Ibis budget berada persis di belakang Novotel Semarang tepatnya di Jalan Kap Piere Tendean, Semarang. Hotel ini memiliki 3 tipe kamar yaitu standard room double bed, twin bed dan bunkbed. Kamar di atas tempat saya foto adalah kamar jenis bunkbed. Tempat tidurnya ada extra di atas dari tempat tidur utama. Buat yang liburan bersama teman ini cocok banget tanpa harus perlu extra bed.

WISATA TERDEKAT

Kalau di Bali mungkin bisa saja setiap hari saya mampir ke pantai. Tapi lain hal lagi dengan Semarang. Kalau dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia yang menawarkan pantai yah gak seimbang dong. Semarang punya tempat spesial di hati saya. Sejak kunjungan pertama tahun lalu di kota ini, saya jatuh cinta berat dengan berbagai sisi dari kota ini.

Setiap kali ke Semarang, saya tidak pernah lupa mampir ke Kota Lama. Kawasan ini mungkin tidak seluas Melaka di Malaysia. Namun Kota Lama ini mampu membuat saya betah hunting foto berlama lama. Entah kenapa, tiap sudut-sudut Kota Lama begitu indah untuk diabadikan. Mulai dari gedung bank Mandiri hingga ke kawasan Taman Srigunting, jalanan di sini sangat menarik untuk difoto.

Tempat nongkrong  favorit saya di Kota Lama yaitu Spiegel Bar and Bistro.  Saya selalu tersihir dengan arsitekturnya. Tahun lalu saya malah naik ke lantai 2 yang bisa melihat view kota lama lebih luas. Dari Novotel Semarang juga cukup dekat ke Kota Lama. Kalau tidak ada macet, 5 menit juga sampai menggunakan taksi. Jika mau berjalan kaki juga boleh.

Jangan sampai lupa mampir ke gereja Blenduk. Sempatkan ekspor kawasan ini. Saya sarankan pagi jelang siang. Sore hari biasanya pengunjung semakin ramai sampai malam hari.

Jika mau menikmati Semarang dengan sensasi yang berbeda, datanglah ke Lawang Sewu. Jika biasa mengunjuginya di siang hari, cobalah untuk wisata malam. Tenang, Lawang Sewu tidak se-horor dulu kok. Sekarang sudah lebih tertata dan malah makin cantik. Dari Novotel juga tidak begitu jauh, kalau niat jalan kaki juga boleh aja.

NOTES:

• Novotel Semarang berada di Jl. Pemuda No.123, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang.
  • Dari bandara Achmad Yani sekitar sekitar 20 menit.
  • Booking di accorhotels.com
  • Instagram @novotelsemarang

8 Comments

1. Kayaknya Spiegel Bistronya recommended ya Mas? Viewnya bagus nggak kalo sore?

2. Novotel dan Ibis nya sama sama lucu. IG-able hotel punyah yah!

3. Memang hotel satu ini strategis banget ya. Kemana-mana dekat. Mulai dari wisata sejarah, sampai makan-makan. Ke Semarang Paragon juga tinggal nyebrang aja 🙂

4. Walau sebenarnya ada bbrp teman yang bilang kalau hotel ini begini atau begitu, tapi setelah staycation di sana aku malah merasa baik-baik saja, nothing to complain about. Bahkan staff hingga GM pun ramah sekali, hehehe top-lah pokokna!

• Benar!

gini: Satu hotel itu gak akan bisa menyenangkan semua tamu sesuai kehendak tamu. Kan ada juga tamu yang emang bawel dan rese.

Buatku sih nyaman banget dan klo misal ke Semarang lg, Novotel ini masih akan jd favoritku.