DESTINATION, NTT

Menggila Bersama Anak Anak Pulau Pura

pulaupura-alor-ntt-richotraveling-

Badan badan mungil itu dengan lincah melompat penuh semangat dari atas kapal, nyebur ke laut biru. Senyum tawa menyatu jadi sukacita di pulau kecil yang sepi. Anak anak pulau Pura yang menggemaskan ini membuat saya terharu. Bangga saling sapa dengan mereka dan… yang membuat lebih seru adalah kepolosan dari wajah wajah gelap mereka. Inilah kisah ke 2 saya pada perjalanan ke Alor, Nusa Tenggara Timur.

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (2)

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (3)

Yes! kami datang kaka!

Dari kejauhan, anak anak pulau Pura mulai melambaikan tangan. Bukan ke kamera yah, tapi ke arah kapal kami yang tidak bisa menepi sampai ke pantai Pulau. Arus laut saat itu lumayan kencang jadi nahkoda kapal kecil yang kami naiki memutuskan tidak terlalu ke pinggir pantai. Anak-anak pulau Pura dengan lincahnya mengayuh sampan kecil mereka mendekati kami. Tadinya mereka hanya asik di pinggir pantai bermain. Inilah salah satu bentuk keramahan anak anak Indonesia yang masih polos. Mereka mendekati kapal kami dan ingin berbaur. Ahhhh senangnya!

Sambil mengarahkan kamera ke mereka, saya dan teman teman satu rombongon pun mulai bercengkrama dengan mereka menanyakan namanya siapa, lagi ngapain? Mereka hanya jawab mau main di laut aja. Oh yah, bahasa Indonesia mereka bagus dan seperti biasa logat khas Timur membuat percakapan kami semakin asik.

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (4)

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (5)

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (6)

Jump up, yei!

Setelah asik foto-foto di atas kapal kami, saya pun mengajak anak-anak ini untuk nyebur ke laut, di mana kedalaman air air sekitar 7 meter. Karang di sini juga sangat bagus dan mau coba snorkeling di sini. Walau teman rombongan saya seperti enggan basah-basahan, saya sendiri langsung nyebur dan berbaur dengan mereka di dalam air.

Beberapa kali anak-anak ini naik turun kapal untuk melakukan adegan loncat dan salto dari atas kapal. Airnya biru dan jernih, cuaca juga sedang bagus saat itu. Bukit bukit cantik di pulau sekitar menjadi pemandangan indah disini. Walau badan mereka masih kecil, jangan anggap bahwa mereka tidak lincah. Anak anak ini justru sangat cepat berenang dan menyelam. Saya kalah, ya iyalah badan saya besar gini πŸ™‚

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (7)

Pulau Pura masih merupakan salah satu bagian pulau dari Pulau Alor yang ada di Nusa Tenggara Timur. Dari Pelabuhan Kalabahi, Alor waktu yang dibutuhkan menuju Pulau Pura sekitar 1 jam via kapal laut. Sebaiknya menggunakan kapal kecil biar semakin cepat.

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (10)

pulaupura-alor-ntt-richotraveling (11)

Masyarakat Pulau Pura masih berasal dari suku asli Alor. Namun hal unik dari warga di sini, bahwa dalam satu desa mereka memiliki beberapa bahasa yang berbeda walau bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa umum. Pulau Pura berbentuk layaknya gunung dan desa-desa di pulau ini tinggal di pesisir pantai. Sekarang lagi musim kering dan warga sangat sulit mendapatkan air tawar bersih. Mereka harus menyebrang ke pulau sebrang yang ada di pulau kecamatan untuk mengambil air buat kebutuhan sehari hari.

Pekerjaan warga pulau Pura mayoritas adalah nelayan. Sebagian dari wanitanya menenun kain khas Alor yang kemudian akan dijual kepada wisatawan yang mampir ke pulau ini. Pulau Pura berdekatan dengan pulau Ternate, Kepa, Buaya dan Pantar.

11 Comments

  1. Wah seru banget ya mas, kepengen ikut nyebur hehehe
    Pertama kali berkunjung ke blog ini, salam ya mas πŸ™‚

  2. Hi bro Shudai, thanks udah mampir loh. Iya, airnya dingin pula jd seger πŸ™‚

  3. Keren acara liburannya
    sekali-kali harus coba juga πŸ™‚

  4. Yuhuuu, tapi yuk mari jalan2 πŸ™‚

  5. Duh belum bisa deh berenang di laut lepat kek gitu takut kelelep kalau di kolam renang sih gpp iya haha, kayaknya mesti belajar renang lagi deh πŸ˜€

  6. Pake pelampung aja kak :))

  7. Liat warna air laut nya kok yaa pingin nyemplung langsung yaaa kak

  8. Lemfar semfakkkk kak πŸ˜€

  9. Asik banget kalo anak – anak kecil di pulau. Ramah, jago berenang dan baik! Semoga belom terkontaminasi dengan hal – hal negatif dari kota besar ya kak πŸ™‚

Leave a Reply