Bali, DESTINATION

Keluyuran Tanpa Arah Malah Dapat Pecahan Surga

bali-gunaksa-klungkung-view
Buat orang-orang yang suka traveling pasti gak betah berlama-lama diatas kasur atau menghabikan waktu terlalu lama duduk manis ngopi. Ya, kalau gak jalan ke tempat yang udah direncanakan, bisa juga keluyuran menemukan hal-hal baru yang menarik. Saya percaya banget kalau trip yang tidak terlalu dikonsep akan mendapat sensasi yang berbeda. Terkadang kebanyakan perencanaan, jadi malah gak sesuai dengan tujuan awal.
Beberapa waktu yang lalu saya memutuskan untuk keluyuran ย tanpa ada rencana awal mau kemana. Saya mengendarai motor saya keliling kota Denpasar. Sekitar 30 menit saya belum menemukan tempat yang cocok untuk berhenti. Lagi lagi melewati jajaran toko dan kafe yang dipadati anak-anak muda. Udah pasti berisik deh dan bisa jadi kesal kalau nongkrong disana.
 
Entah bagaimana awalnya, saya udah berada di jalan By Pas Ida Bagus Mantra. Jalan lintas menuju pelabuhan Padang Bai (Penyebrangan Ke Lombok) dan juga akses menuju Kabupaten Karangasem, Bali. Karena memang sepanjang jalan utama ini sisi kanan kalau adalah pantai, akhirnya sambil jalan saya sesekali melihat ke arah pantai yang agak sepi pengunjung. Saya akhirnya berhenti dan udah sampai aja di Pantai Lembeng. Disini saya habiskan waktu sekitar 30 menitan dan saya menemukan beberapa objek untuk difoto termasuk pantainya.
He's enjoy his time
Selanjutnya saya mampir sebentar di Jembatan Gunaksa, Kabupaten Klungkung. Niatnya mau ngambil gambar beberapa aja, tapi kayaknya ada yang menarik di bawah jembatan ke arah Utara dan Selatan. Saya pun turun dan menyusuri kawasan Gunaksa, eh ternyata banyak hal menarik mulai dari Gundukan pasir, rawa-rawa hijau sampai sekumpulan sapi yang sedang mencari makan diantara eceng gondok. Menarik juga dan semakin semangat menyusuri satu persatu.
 
Kumpulan sapi yang sedang mencari makan di rawa-rawa Gunaksa terlihat indah. Ada banyak kubangan air yang seolah terbentuk sendiri membuat suasana di Gunaksa ini seperti di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Saya juga sempat dapat gambar "kekompasakn" sapi dan beberapa ekor burung sedang nongkrong bareng di tengah eceng gondok. Desa Gunaksa berada di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Dari pusat kota Denpasar dapat ditempuh sekitar 45 menit perjalanan. Jalur menuju Gunaksa aspal hitam mulus. Tapi sebaiknya tetap hati-hati berkendara karena jalan lintas ini rawan kecelakaan.
 
Sunset di Jembatan Gunaksa
View dari puncak Bukit Tengah
Ujung dari keluyuran saya sampai di Bukit Tengah, Kabupaten Klungkung. Desa ini berada du Jalan Raya Goa Lawah yang udah dekat banget dengan pelabuhan Padang Bai. Artinya saya udah menjelajahi perbatasan dua kabupaten. Entah kenapa kok bisa sampai di Bukit Tengah ini. Besyukurnya view yang saya dapat bagus banget. Desa ini memang hanya dihuni beberapa warga aja. Cape menanjak ke bukit ini terbayar sih, walau sempay dikejar ATD (Anjing Tak Dikenal) haha. It was weird Journey after all. But I love it!
Tampak Pulau Nusa Penida dari atas bukit
Keluyuran untuk mencari alam cantik dan mengabadikannya lewat foto can cerita pastinya tidak akan mengundang kemarahan dari orangtua. Apalagi bisa share ke banyak orang. Setidaknya "virus traveling" tersebar perlahan untuk mereka yang suka jalan-jalan juga. Have a great moment and salam lestari!

2 Comments

  1. Surga nya di bawah pulang ngak kak ???
    Btw cakep yg kumpulan sapi di gunaksa, kayak nya wajib di tenggokin kalo ke bali ๐Ÿ™‚

  2. @ Cumilebay MazToro : Haha, di bungkus pulang kok kak ๐Ÿ™‚ Iyah, yuk ksana bareng klo ke Bali kakak ๐Ÿ˜€

Leave a Reply