DESTINATION, NTT

Gunung Mutis, Alam Di Timor Yang Memikat

gunung-mutis-soe-ntt-cover

Mungkin jika sekilas dibaca dari judul yang saya tuliskan di atas hanyalah satu kalimat singkat yang menggambarkan alam Timor. Namun percayalah ketika menginjakkan kaki di alam Timor, ribuan kalimat bisa saja terucap karena memang keindahannya yang luar biasa. Thank's God saya berada di Gunung Mutis, Fatumnasi, Timor, Nusa Tenggara Timur.

gunung-mutis-soe-ntt-indonesia

Lupakan sejenak pantai eksotis dengan karang lautnya yang aduhai cantik. Hey! Gunung Mutis juga punya pesona yang tidak kalah dengan alam lainnya di NTT. Ya, saya bersama rombongan geng ala ala melanjutkan perjalanan ke Gunung Mutis, sebuah cagar alam yang masih terlindungi dengan baik. Gunung Mutis berada di Fatumnasi dengan ketinggian sekitar 1000 m di atas permukaan laut. Yang mau saya ceritakan bukan bagaimana pendakian menuju Mutis seperti layaknya yang dilakukan banyak "mountaineers" namun keindahan alam di sekitar Gunung Mutis yang tak lekang oleh waktu. Lagu banget yah!

gunung-mutis-soe-ntt (2)

gunung-mutis-soe-ntt (3)

Jujur saya belum pernah ke Eropa sana atau belahan bumi manalah itu yang berbaur dengan keindahan bukit bukitnya. Saya pernah menonton video keindahan alam di Swiss dan juga Austria. Entah hanya imaginasi saya saja atau bagaimana. Yang pasti alam di Gunung Mutis ini seolah mengingatkan saya dengan dua negara tadi. Saya tidak menemukan club malam disini, bar dengan musik countrynya. Saya hanya melihat bentang alam yang terhampar disetiap likuk Mutis.

Hutan bonsai yang tumbuh rapi menjadi salah satu pemandangan yang membuat saya jatuh cinta dengan alam ini. Ditambah lagi tanah liat dengan warna kemerahan yang begitu natural seolah muncul dari perut bumi. God is so good.

gunung-mutis-soe-ntt (4)

Mencapai Gunung Mutis memang perlu usaha yang tidak biasa. Pantat saya sampai longsor setelah berjibaku di atas mobil trail. Jalanan yang belum sempurna membuat badan mobil menari nari di tengah penjelajahan menuju Gunung Mutis. Namun semua terbayar dengan pemandangan yang kami lewati di tengah jalan. Mulai dari sorak sorai masyarakat lokal yang acap kali sambil melambaikan tangan mereka ke arah kami. Anak anak dengan wajah polos begitu bersemangat memanggil kami. Saya jadi yakin, perpaduan antara penghuni asli Timor ini dengan alamnya yang menawan membuat bagian lain dari Nusa Tenggara Timur ini menjadi primadona bagi para turis.

gunung-mutis-soe-ntt (5)

gunung-mutis-soe-ntt (6)

Karena ada perubahan rencana dan kami sedikit telat dari beberapa objek wisata di Timor, kami tiba di Gunung Mutis sudah sore. Sehingga tidak begitu lama memanjakan diri di sini. Tapi saya cukup puas merasakan sejuknya alam Mutis yang katanya "mistis" entahlah.

gunung-mutis-soe-ntt (7)

gunung-mutis-soe-ntt (8)

Lalu bagaimana menuju Gunung Mutis yang ada di Fatumnasi? Kita terlebih dahulu mengambil penerbangan ke Kupang. Kemudian dari Kupang silahkan berkendara ke kota Soe. Di Soe ada beberapa hotel dan penginapan. Jadi jangan kwatir untuk penginapan. Kemudian dari Soe perlu berkendara sekitar 2 jam menuju Gunung Mutis. Saya sarankan menggunakan sepeda motor saja atau mobil yang memadai karena jalanan menuju Mutis masih belum sempurna. Terakhir, jangan lupa membawa kamera sebagai alat untuk membawa hadiah keindahan dari Gunung Mutis.

gunung-mutis-soe-ntt (9)

40 Comments

  1. Kok kelihatannya tanaghnya gersang banget ya gan!

  2. Keindahan alam Timor tak terbantahkan mas,,,, pemandangannya benar – benar ajib,,, keren banget 🙂 tanahnya yang kelihatannya gesang, tapi disitu ya mas ya yang menjadi daya tariknya?,,,

  3. Kak Rico ini tempatnya bagus banget deh beneran <3<3

  4. April – Mei begini baru alamnya pegunungan bakal menjanjikan view yang aduhai dengan rumput2 dan bunga-bunga terakhir sebelum gugur… siap2 ke Mutis nih

  5. Iyah… temen di sana juga bilangnya lg hijau2 nya… Ah Nanti Mei ke NTT cuman kayaknya gak bakal sempat ke Mutis lg. Huftt
    Selamat menjelajah yes… Salam buat si Mutis 😀

  6. Waw keren ya sangat indah sekali.

  7. Liat jalannya aja udah semangat banget, semangat merasakan tenangnya daerah sana 😀

  8. waaah mantep banget, nyesel saya baru pernah traveling ke jawa, harus nyicip timor nih heheh

  9. Kamu camping ga disana?

  10. Masih ada rumah tradisional juga ya. Keren!

  11. biar di kata hobi traveling, tapi aku blm prnh nginjakin kaki ke Indonesia Timur :(.. Secara ya mas, tiket kesana masih lebih mahal drpd tiket ke jepang -__- .. Padahal alam dan pantainya masih yang paling juara.. walopun kalo disuruh milih, aku lebih seneng menjelajah gunungnya sih drpd pantai 😀 .. Jarang2 nih ada yg ngebahas wisata alam gunung di indonesia timur.. Biasanya pantai semua.. jadi mungkin kalo ada kesempatan kesana, udh jelaslah aku lbh milih melihat gunung mutis ini lebih dulu 🙂

    • Setuju kaka, Indonesia Timur memang slalu juara. Mreka memang lg berbenah jg untuk mempermudah dan mempermurah perjalanan ke Timur. Jd semakin mudah ke NTT khususnya. Semoga tercapai yah segera ke Mutis *kedipin mata minta diajakin

  12. ngeliat tracknya berasa pengen pasang bantalan pantat dulu, terjal euy 🙂

  13. Seru banget naik mobil nya gitu, berdiri di belakang sambil lambai2 ytangan ke kawanan kerbau macam artis yaaa hahaha

  14. Sebagai seorang yang kompetitif, membaca postingan ini membuatku ingin segera membuat tulisan soal Fatumnasi dan sekitarnya, hahaha! 😉

    Btw yang kamu berfoto sama muka kuda liar itu kok gak diposting, kak? Keren tuh!

  15. Persaingan rupanya bukan hanya di hati ya kak! Di Dunia perbloheran jg rupanya bumbu2 itu hadir begitu saja.

    Segera posting Rodrigez, jiwa ini sudah tak sabar menanti hari bahagia itu haha.

    Yg foto kuda ada aroma seronoknya kak *Alasan aja sambil nyari filenya dimana* :p

  16. NTT memang benar2 istimewa. Surga yang jatuh di Indonesia…melihat foto2 di Gunung Mutis fantasi saya juga seperti di Eropa mas.

  17. keren banget lokasinya. pasti butuh usaha yang luar biasa untuk sampai. terus bahagia begitu mencapai titik yg diinginkan. klo udah jalan jauh jangan lupa pulang ya mas

  18. Liat fotonya gak diragukan memang NTT menawan, menuju puncak gunung Mutis bisa dicapai dengan mobil atau harus mendaki gunung lagi mas?

  19. Indonesia memang kaya…mau model alam gimana ajaa, ada disini…

  20. amazing ya pemandangannya
    timor memang keren … banya tempat untuk di explore, indah indah dan eksotis

  21. mantep banget ya tempatnya, terus ada nuansa-nuansa seperti di luar negeri gitu

  22. Jane

    Dear Richo, seberapa jauh mobil bisa menjangkau ke arah puncak Mutis?
    Sempet naik ke puncaknya gak?

    • Mobil bisa sampai ke puncak. Yap naik sampai ke puncak. Dulu kami naik mobil ranger sperti yg ada di gambar di atas jd aman 🙂

Leave a Reply