DESTINATION, Jawa

Dari Sam Poo Kong Ke Tay Kak Sie

Tampaknya bulan Mei adalah cuaca yang panas di Semarang. Saya menganggapnya demikian. Walau salah supir taksi yang mengantar kami ke hotel berucap kalau musim di Semarang sedang tidak menentu. Pagi hari bisa saja cerah namun siang hari bisa mendadak turun hujan. Ini udah kayak hati dan mood yah, susah ditebak #halah.

Saya ke Semarang tidak sendiri dan tentunya punya tujuan hidup. Sebab liburan tanpa cerita tidak ada faedahnya. Ada Bobby dan Taufan yang salah dua dari beberapa teman saya yang turut ikut dalam  trip #SemarangHebat. Sebagaian besar masyarakat memang belum mengenal mereka haha. Kami sengaja datang lebih awal untuk menjelajahi beberapa objek wisata di Semarang dan sekitarnya.

SAM POO KONG

Untuk pertama kalinya saya ke Sam Poo Kong. Sebuah Klenteng yang berdiri tegak dan megah di Jalan Simongan Raya, Kota Semarang. Klenteng ini didominasi warna merah pekat dengan beberapa bangunan lainnya.  Sam Poo Kong merupakan salah satu warisan budaya yang masih terjaga hingga saat ini.

sampo-poo-kong

sampo-poo-kong-gerbang

Gedung batu Sam Poo Kong adalah klenteng persinggahan pertama seorang laksamana Tiongkok beragama Islam yaitu  Zheng He atau kerap disebut Cheng Ho. Dulunya klenteng ini adalah bongkahan batu besar yang kemudian dibangun sebuah masjid yang pada akhirnya dijadikan sebagai klenteng.

sampo-poo-kong-lilin

Sekilas Sampo Poo Kong terlihat layaknya klenteng biasa. Namun ternyata dibagian paling selatan klenteng terdapat sebuah goa besar yang sudah di "permak"  yang menjadi tempat para warga Tionghoa untuk bersemedi atau sembahyang.

sampo-poo-kong-depan

sampo-poo-kong-luar

Sam Poo Kong kini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional. Bentuk bangunan Sam Poo Kong yang artistik membuat banyak orang penasaran dan senang berfoto di area Sam Poo Kong. Beberapa teman saya bahkan mengatakan, berada di Sam Poo Kong serasa berada di negri Tirai Bambu.

sampo-poo-kong-halaman

Tay Kak Sie

Masih berkaitan dengan Klenteng, Semarang juga rupanya masih melestarikan satu klenteng besar lainnya yang berada di Jalan Gang Lombok , Semarang. Klenteng ini dinamai Tay Kak Sie. Berdiri sejak 1746, kini klenteng ini semakin besar dan terkenal. Warga Tionghoa biasanya menunaikan ibadah mereka di sini.

Sementara hal menarik lainnya di klenteng ini adalah masih banyak kesenian tradisional khas Tionghoa yang masih diletarikan.

Setiap ada event penting, para penari akan mempersembahkan aksi mereka. Semua elemen bergabung menjadi satu mulai dari tarian sampai dengan pementasan drama.

Klenteng-Tay-kak-sie-semarang

Klenteng-Tay-kak-sie-semarang

Klenteng-Tay-kak-sie-semarang-dalam

Klenteng-Tay-kak-sie-semarang-tarian

Sekolah Kuncup Melati

Mau melihat aktraksi keren anak anak SD SMP Kuncup Melati? Datanglah ke Gang Lombok, Pecinan, Semarang. Anak-anak luar biasa ini bisa saja datang dari keluarga yang tidak seberuntung anak lainnya. Namun mereka punya talenta yang layak dibanggakan. Sekolah Kuncup Melati dulunya hanyalah sekolah gratis dan pinggiran yang menampung anak-anak untuk belajar secara gratis.

Sekolah Kuncup Melati juga punya TK. Mereka sejak dini diajarkan menjadi anak-anak yang mandiri. Salut banget buat para pengajar dan staff yang ada di sekolah ini. Kini sekolah Kuncup Melati menjadi tempat kunjungan wisatan untuk melihat berbagai kegiatan mereka. Salah satunya adalah petunjukan Barongsai. Wao!

Sekolah-kuncup-melati-pecinan-semarang

Sekolah-kuncup-melati-pecinan-semarang

Sekolah-kuncup-melati-pecinan-semarang

 

NOTES

Sam Poo Kong dan Tay Kak Sei berada di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dari Bandara Achmad Yani dapat ditemput kurang lebih 10 menit.

Banyak  pilihan hotel di kota Semarang silahkan cek disini

       

Cerita #SemarangHebat lainnya:

1. Atanasia Rian Tempat Wisata dan Kuliner asyik di Semarang

2. Astin Soekanto Lepaskan Zona Nyamanmu Dengan Tubing Di Sungai Kreo

3. Albert Ghana Photo Stories: Semarak Semarang Night Carnival

4. Budiono Sukses Keseruan Semarang Night Carnival 2016

5. Danan Wahyu Dongeng Rasa Di Restoran Semarang

6. Eka Situmorang Pecah Di Semarang Night Carnival 2016

7. Farhan Ada Tiongkok Di Semarang

8. Imama Hantaman Jeram Kali Kreo

9. Luhde Kisah Di Balik Kuliner Semarang

10. Leonard Anthony Jelajah Malam Di Lawang Sewu

11. Nunu Asrul Satu Hari Mengenal Tionghoa di Pecinan Semarang

12. Puspa Siagian Antuasiasme Masyarakat Di Semarang Night Carnival 2016

13. Taufan Gio #SemarangHebat Culinary To Heritage

14. Titi Gebyar Fantasi Warak Ngendok di Semarang Night Carnival 2016

15. Vika Ada Gus Dur Di Pecinan Semarang

34 Comments

  1. Evi

    Secara emosional 2 kelenteng ini terkait erat. Kalau mendengar legendanya masing-masing masih membawa nama tokoh Besar Cina yang pernah mampir ke Indonesia 🙂

    • Betul sekali mba Evi…. Sebaiknya juga ketika mengunjungi Sampo Poo Kong jangan lupa mampir di Tay Kak Sie sehingga rentelan “napak tilasnya” nyambung yah 🙂

  2. Kak, ajak aku buat ke lain tempat dan seret aku ke dalam cerita kamu donk. Semarang emang asik banget ya

  3. aku baru aja kemarin kesini, tapi belum sempat review 😀
    Tapi kok aku gak nemu penyewaan kostum kayak foto paling atas?

  4. Kak Richo, salut banget bisa posting blog dan video sekaligus! #nyembah

    Aku malah belum puas di Tay Kak Sie, kemarin itu terlalu ramai, next time balik lagi ya.. #lirikciciSherley

    • haha hanya demi pariwisata Indonesia semata kok kak :p

      Iyah, ak malah belum ngobrol zantekk bareng cici itu.

      Yuk Juni lagi 😀

  5. Jalan jalan ngga ada foto eksis ngga ada faedahnya wkakakaka

  6. Banyak ulasan tentang Sam Poo Kongnya, sukak, ternyata keren !

  7. sayang waktu jalan2 ke semarang ngga mampir kesini, kalau ke semarang lagi .. sempetin kesini ah …

  8. kak, kok tidak kau sebut namaku dalam tulisanmu. sakit kak. aku lelah… *deramaaahh

    suka videonya. keren ih. pisan.

  9. lumpia mana lumpiaaa

  10. Sam Po Kong keren banget ya, Kak! Sayangnya kita kesana pas tengah hari bolong. Coba pas agak teduhan dikit, dijamin foto-foto binal makin eksis! 😀

  11. ya saya setuju bro, semarang lebih panas dari Surabaya ternyata. bukan panas sinar matahari yang menusuk-nusuk kulit, tapi seperti panas yang tertahan, sehingga lebih panas meresap ke dalam raga kwkwwk..

  12. aku belum sempet ke sam poo kong :(( lain waktu moga bisa ke sanaa

  13. masih megah ya klentengnya..
    di daerah ku juga ada wisata klenteng seperti ini, namanya Vihara Sian Djin Ku Poh.. masih terawat dengan baik juga
    kapan2 kalau ke semarang mesti mampir ke klenteng sam poo kong 😀

  14. foto-foto di sam poo kong berasa foto di korea huhahaha ✌. Di daerah pecinan kalo malam ruame bang apalagi kulinernya mantaap

  15. Wewwww … seringnya ke Sam Poo Kong. Yang Tay Kak Sie ternyata blm pernah 😮

  16. Woow.. Sam Poo Kong, keren tempatnya, next time kemana lagi ?

  17. Thiѕ informɑtion is ѡorth everyone’s attention. How can I
    find out more?

  18. baru tahu nih tempat seperti itu di blog ini hehehe
    maklum anak rumahan

Leave a Reply