DESTINATION, Hotel, Melaka, Review

Casa del Rio, My Most Unforgettable Stay Of All Time

"Cantiklah pak cik!"

Saya resmi menjadi Pak Cik untuk beberapa hari ke depan. Melipir ke kota bersejarah warisan dunia yang hanya berjarak dua jam dari Dumai, Indonesia.

Welcome To Melaka!

To be honest with you, ini adalah kali pertama saya ke Melaka dan pertama kali pula menginap di hotel kelas wahid yang dimiliki Melaka. Casa del Rio Melaka!

Zima, wanita yang selalu menebar senyum menyambut kami di lobby Casa del Rio. Kami sempat berbincang sore itu dengan waktu yang cukup singkat. Rupanya saya dan 4 teman lainnya harus segera masuk kamar dan mempersiapkan diri untuk river cruise jelang sunset. Tapi biarkan saya cerita sejenak tentang Casa del Rio sebelum saya ajak kalian menikmati indahnya kota Melaka di sore hari.

Saya merasakan suasana mediterranean ketika memasuki lobby Casa del Rio. Warna dan ornamen yang terlihat sangat berbeda dengan hotel "pop" pada umumnya. Sebut saja warna "pastel" yang mentereng di sekitaran tembok. Namun jika melihat jauh lebih dalam dan jauh lebih dalam ala magician, hotel ini bergaya boutique tulen. Daun pintu, meja, jendela sampai tiang bale bengongnya begitu klasik dan elegan.

Casa del Rio Melaka menjadi satu-satunya hotel bintang lima yang berdiri kokoh diantara bibir sungai Melaka atau yang biasa disebut juga "Melaka River Side". Kamar yang saya tempati persis menghadap sungai Melaka. Senangnya gak kepalang.

richotraveling-melaka-casadelrio

Seandainya saya datang beberapa hari lebih awal dan menginap di Casa del Rio, saya mungkin akan bertemu dan satu hotel dengan pak Mantan Presiden itu yang sempat dikabarkan doyan "curhat" di twitter. Yah, baru-baru ini memang mantan orang nomor satu di Indonesia itu menginap di Casa Del Rio bersama keluarganya.

Lanjut lagi tentang balkon kamar Studio Lago King yang menjadi "istana" saya dan teman blogger lainnya beberapa hari ke depan. Ada yang menarik dengan balkonya. Pemandangan dari sini langsung menghadap "Heritage City" nya melaka dan bangunan-bangunan modern yang menjulang tinggi yang menjadikan suasana di sini jadi penuh seni, ramai namun menyenangkan.

richotraveling-melaka-casadelrio-bedroom

richotraveling-melaka-casadelrio-pool

Di atap hotel, terdapat kolam renang atau infinity pool  yang menawarkan keindahan kota Melaka lebih luas. Saya memilih menepi di bibir kolam renang biar bisa melihat kapal cruise yang sedang hilir mudik membawa penumpang berwisata di sungai Melaka.

richotraveling-melaka-casadelrio-restaurant

richotraveling-melaka-casadelrio-restaurant-river-view

Bagian lain dari Casa del Rio yang menarik perhatian saya adalah The River Grill. Ini adalah nama restoran hotel ini yang berada persis di samping jalur pedestrian di bibir sungai Melaka. Benaran deh, saya suka banget dengan suasana di sini terutama pagi hari. Karena memang bersih dan tidak ada kabel listrik yang menganggu pemandangan, jadilah saya foto-foto sepuasnya. Gallery fotonya bisa lihat di postingan saya sebelumnya Melaka Heritage City (Instagram Gallery)

Casa del Rio After Sunset Situation

Suasana Casa del Rio setelah sunset berlalu. Rasanya seperti bukan di Melaka yah?

richotraveling-melaka-casadelrio-front-view

richotraveling-melaka-casadelrio-view

Mungkin ada beberapa orang yang menganggap harga hotel Casa del Rio ini akan selangit. To be honest with you again 🙂  walau predikatnya hotel bintang lima, konsep elegan dan pelayanan level tinggi, yang menarik malah harga hotel ini masih bisa dijangkau. Apalagi untuk tamu yang berlibur bersama kerabat atau keluarga, harganya masihlah wajar. Seperti saya dan teman seperjalanan? Bisa sharing cost. Ini membantu banget.

Jika tidak ingin menginap, sempatkanlah makan siang atau dinner di River Grill, restoran Casa del Rio yang memiliki view photogenic buat yang suka foto (ini penting). Harga detail akan ada di akhir postingan ini.

RIVER CRUISE

Batre kamera belum penuh, namun kami harus segera bergegas menuju mini port cruise yang udah menunggu kami naik kapal. Kami mulai menyusuri sungai Melaka sambil mata dengan sigap melihat spot-spot cantik. Saya bisa bilang hampir semua aktivitas di sekitar sungai ini menarik untuk dilihat dan diabadikan.

richotraveling-melaka-casadelrio-river-sunset

richotraveling-melaka-casadelrio-sunset-view

Sungainya masih tenang karena belum banyak cruise yang lewat.

melaka-river-cruise-casa-del-rio-sunset

Rumah-rumah tua disulap jadi tempat nongkrong para turis disepanjang bibir sungai.

Cruise memakan waktu sekitar 45 menit. Ada puluhan jembatan yang dilewati.

Hotel mewah lainnya juga berdiri kokoh di sepanjang bantaran sungai Melaka.

This is dope!

melaka-river-cruise-casa-del-rio-sunset

Suasana ketika Sunset semakin terasa romantis dan damai di sini.

richotraveling-melaka-casadelrio-night

NOTES

• Casa del Rio Melaka berada di 88, Jalan Kota Laksamana, Malaysia
  • Dari Kuala Lumpur sekitar 2 jam jalur darat
  • Harga per malam mulai dari YMR 720
  • Jenis kamar di Casa del Rio: Deluxe Lago, Studio Lago Room, Two bedroom suites and the premiere suites
  • Booking www.casadelrio-melaka.com
  • Official Instagram @casadelriomelaka

29 Comments

1. Mevvah ya, after sunsetnya bagus 🙂

2. Mevvah ya, after sunsetnya bagus 🙂

3. Kurang lama disini *ngelunjak

4. WOW super sekali mah 🙂 kalo aku yang penting kalo mang hotelnya kece badai.. mahal dikit gpp lah.. kan sebanding… ngono!

5. Evi

Gilak! Foto-fotonya cakep banget, Kak Richo. Siapa juga pasti jatuh cinta pada Casa Del Rio ini. Di Senja hari romantisnya telak banget 🙂

6. Cakep banget ya hotelnya, dan Melaka skrg keren abis 🙂

7. Gilak ya kak Ico.. Casa del Rio beyond expectation yak?

8. Saya suka yang variasi breakfastnya lengkap kayak gini nih

9. Casa del Rio dan kota Melaka bikin batere kamera cepat habis, lewat tengah hari aja udah mesti di-charge lagi, hahaha!

Tapi yg jelas kebersamaan kalian yang bikin rame! 🙂

10. Jadi Target Destinasi Liburan Tahun ini, Amin ….

11. salah satu staycation paling berkesan. selain karena hotelnya cantik, makanan enak, juga karena kebersamaan dengan kalian yang penuh uring-uringan haha. semoga bisa segera traveling bareng lagi, aamiin.

IRAN, HERE WE COME!

12. Woow, hotelnya keren, instaable banget ya kak

13. Hotelnya keren sekali, jadi pengen nginep disana kalau ke melaka hahaha

14. Suasana senjanya cakeppp bangeeet 🙂

15. Dalam seminggu baca beberapa blog yang menuliskan Melaka. Dan selalu takjub dengan tempat penuh sejarah ini. Bangunannya bikin para fotografer ingin berlama-lama memotret, bagi para pecinta sejarah ingin mendapatkan informasi lebih detail tiap bangunan. Pokoknya benar-benar antusias menurutku untuk membaca tiap tulisan tentang Melaka

16. keren banget hotelnya .. tepat disisi sungai pula.
    sungainya bisa bersih begitu ya .. jadi salah satu daya tarik turis … apalagi turis indonesia pasti terheran heran lihat sungai tetangga bisa sebersih begitu … disana pasukan orange-nya banyak banget kali 😀