DESTINATION, NTT

Alor, Si Cantik Yang Menggemaskan Di Nusa Tenggara Timur

alor-nusatenggara-timur-beach-richotraveling
Rasanya tidak berlebihan saya memberikan judul di atas, mengingat perjuangan mendapatkan secercah keindahan alam yang satu ini panjang dan melelahkan. Alor, sebuah pulau cantik yang menyimpan belasan pulau cantik lainnya. Menggemaskan? iyah, saya tersihir di pulau ini dan berat meninggalkan nya. "Nusa Tenggara Timur, I am coming darling"
 
Tol laut Bali MANDARA dari dalam pesawat
Saya masih ingat betul perjalanan dari pulau Dewata Bali menuju Kupang. Saya "booking" tukang GO - JEK pagi pagi buta sekitar jam 5 WITA mengantar saya ke bandara. Pesawat Garuda  yang saya tumpangi berangkat jam 7:30 pagi. Perjalanan akan ditempuh sekitar 2 jam tujuan Bandara El Tari Kupang, NTT.  Selamat tinggal Ngurah Rai untuk Sementara waktu. Selain untuk pertama kalinya saya ke pulau Alor, untuk pertama kalinya pula naik pesawat kecil, sempit dan seolah sesak, tapi saya mencoba menikmati perjalanan ini. Rasa penasaran saya menutupi semua kegelisahan dan teman temannya. Saya pun tiba di Kupang  jam 9:30 WITA. Oh yah, Bali dan Kupang tidak ada perbedaan waktu. Halah ala ala mba pramugara! Petualangan pun baru saja di mulai. Tujuan saya ke Alor dalam rangka apa? Saya dapat kesempatan turut serta dalam FestivalAdventureIndonesia dan PesonaIndonesia yang dilaksanakan di Alor. Tujuan event besar ini untuk mempromosikan pariwisata pulau Alor biar semakin hits di jagat raya.
Aktivitas nelayan di dekat pelabuhan Kalabahi, Alor
 
Selamat pagi kakak!
Dari bandara Kupang, saya masih harus naik Taxi menuju pelabuhan Tenau, Kupang. Nah, ini dia salah satu adventure yang akan saya lalukan. 15 jam saya akan berada di atas laut, tanpa sinyal, tanpa teman apalagi pacar kak. Penerbangan Kupang-Alor saat itu penuh dan sold out. Selain jumlah penerbangan yang hanya 1 sampai 2 aja dalam sehari, peserta yang akan hadir di #FestivalAdventureIndonesia udah booking tiket jauh hari. Kapal Ferry besar ASDP adalah kapal besar yang membawa saya ke Pelabuhan Kalabahi, Alor. 15 jam di dalam kapal dengan ratusan penumpang lainnya mengisahkan banyak cerita unik, lucu dan geram. Saya udah menduga bahwa hal hal tersebut akan saya alami. Awalnya sih sesuai harga tiket, saya dapat kursi di kapal, namun nyatanya saya tidak dapat kursi di dalam kapal dan harus siap untuk berdiri. Pilihan terakhir adalah, tersedia kamar sempit di bilik kapal tapi harus membayar ongkos tambahan. Melihat padatnya penumpang, sampai ada yang tidur di tangga kapal, akhirnya saya menyewa kamar.
Pulau Pura (bagian dari Pulau Alor)
Pulau Kepa, tetangga pulau Pura
Sekitar jam 3 subuh keesokan harinya, saya pun tiba di pelabuhan Kalabahi. Pelabuhan ini satu satunya penyeberangan Kupang - Alor dan Alor - Kupang. Pantat yang udah berasa luluh lantak sejak kemarin akhirnya bisa lega juga. Setelah mencari tukang ojek dekat pelabuhan saya pun di antar ke hotel Pelangi Indah, walau sempat pak ojeknya bingung lokasi hotel. Kocaknya lagi, kami sampai bertanya ke pak polisi yang ada di Kota Alor, haha. Ternyata dari pelabuhan hanya sekitar 10 menit menuju hotel. Suasana semakin dingin dan menusuk. Mungkin ini sambutan dari pulau Alor untuk saya. Welcome to Alor! 
Kapal pesiar di area pulau Kepa
Penampakan pulau Kepa dari jauh
Resort di pesisir pulau Kepa
Peserta #FestivalAdventureIndonesia dibagi beberapa kategori antara lain: Kategori fotografi, diving, snorkeling, trekking, culture dan cycling. Saya bergabung di grup fotografi yang terdiri sekitar 20 orang. Saya dan teman teman pun merencanakan ke beberapa pulau di Alor. Pulau Kepa adalah pulau tujuan kami. Oh yah, ada sekitar 15 pulau loh di Alor. Konon semuanya cantik dan kami hanya berhasil mengunjungi beberapa aja. Pulau Kepa kali ini menjadi cerita pertama saya.
Butuh waktu sekitar 1 jam menuju pulau Kepa dari pelabuhan Kalabahi, Alor. Dengan menaiki kapal nelayan kecil dengan kapasitas 20 orang kami di antar ke Pula Kepa. Sepanjang perjalanan di atas laut, bukit bukit cantik dan pulau pulau eksotis bertebaran dimana mana. Arghhhh! cantik banget ini.
Pantai pasir putih pulau Kepa
Spot snorkeling
Pasir bawah laut nya cantik
Dan ini dia pulau Kepa dengan pasir putih lembut dan halus. Baru sampai aja saya langsung semangat dan rasa cape hilang. Pemandangan pulau pulau lain dan perbukitan di seberang membuat suasana disini makin romantis, eh! kan gak bawa pacar 🙁
Mari kita snorkeling
Nemu terumbu karang yang masih bisa ditanam
Mandatory pict
Pulau Kepa punya garis pantai yang lumayan panjang. Bentuknya melingkar mengitari pulau. Luas pulau sekitar 32 kilometer persegi. Pulau yang sangat sepi, tidak ada kenderaan motor atau pun mobil disini. Hanya ada satu dua resort untuk para penyelam dan wisatawan yang lagi liburan. Rumah rumah penduduk juga terlihat jarang. Deru ombak dan burung yang terbang menjadi pemandangan alami disini. Alam bawah laut pulau Kepa juga salah satu yang paling cantik. Gak sabar mau nyebur dan snorkeling di Kepa.
Sunset persis di pundak belakang aja
Ombak dan arus laut sedang besar di sekitaran pantai Kepa. Saya putuskan untuk tidak snorkeling terlalu jauh. Safety first, ya gak sih? Saya snorkeling di pinggir garis pantai aja. View bawah laut tetap cantik dengan karang yang masih alami dan sedang bertumbuh. Saya jatuh cinta banget dengan pasir putih halus disini. Sebagian area memiliki pasir berwarna pink. Snorkeling disini lebih cocok siang hari setelah lunch. Kebetulan kami udah hampir sore sampai di Kepa. Jadinya, air laut udah mulai pasang dan ombak semakin kencang. Tapi pesona pantai ini tetap dalam jiwa *Cubit Isyana* dan Sunset disini juga cantik banget. Matahari terbenam dibalik bukit dan pulau lainnya di Alor yang menjulang tinggi.
Semburat Sunset
Ini adalah Sunset di Pulau Kepa
COMING SOON ---- PESONA ALOR LAINNYA----
 
NOTES:
  • Alor terletak di Kabupaten Alor, kota kabupaten bernama Kalabahi, Nusa Tenggrara Timur.
  • Kabupaten Alor memiliki sekitar 15 pulau pulau bagian yang tersebar di sebelah Timur antara lain: Pulau Kepa, Pulau Buaya, Pulau Pura, Pulau Ternate, Pulau Pantar dll.
  • Ada 2 cara menuju Alor. Via udara transit di El Tari, Kupang dari kota asal. Lanjutkan penerbangan Kupang - Bandara Mali, Alor sekitar 45 menit. Trans Nusa dan Wings terbang 2X sehari. Harga tiket normal sekitar 750 - 850 ribu tergantung season. Sedangkan Jalur laut, dari Bandara El Tari, Kupang harus ke pelabuhan Tenau dulu. Ongkos Taksi  150 ribu/mobil. Opsi lain naik ojek harga nego. Tiket kapal Ferry Tenau - Kalabahi, Alor, ekonomi 120 ribu dan business  200 ribu. Sewa kamar tidur wajib bayar 50 ribu/orang.
  • Kupang Alor via laut sekitar 15 jam dan Ferry hanya berangkat 2 kali dalam seminggu.
  • Dari Kalabahi, Alor perlu naik kapal carter menuju pulau pulau. Ongkos kapal untuk sehari penuh kapasitas 20 orang 2,5 jt/hari. Kapal kecil sekitar 1 jt/hari.
  • Butuh waktu sekitar 1 Jam dari Pelabuhan Kalabahi, Alor - Pulau Kepa. 
  • Pulau Kepa adalah spot terbaik untuk Diving, Snorkeling.
  • Hotel dekat pelabuhan Kalabahi, Alor. Hotel Pelangi Indah  contact: 0368 21251
 
 

7 Comments

  1. adu duh~ pengen ke alor kaaak! Sayang kemarin timingnya ndak pas, coba kalau lagi longgar, ikutan ke Alor juga deh 😀

  2. Iyah kak yah, ngarep ntar bisa jalan bareng catperku.com oh iyah, jelajah bumi Borneo lbh hits. Salut dah jalan sambil posting banyak :))

  3. Biru semua pemandangannya bikin seger

  4. Kapal kami juga waktu itu biru, sayang gak masuk di post kak :))

  5. Kapal kami juga waktu itu biru, sayang gak masuk di post kak :))

  6. Kalau di tambah ijo-ijo pasti tambah seger :3 hehe…

  7. Cendol maksudnya kak? :))

Leave a Reply