Bali, DESTINATION

6 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi Dalam Dua Hari Di Nusa Penida

"Kalau satu hari gak bakal cukup mengunjungi semuanya pak, paling tidak dua hari" Ucap pak Nyoman, pemilik penginapan La Nusa, tidak jauh dari pelabuhan Maruti.

maruti-express-speedboat-nusa-penida

Saya sengaja bangun cepat pagi itu dengan maksud tidak telat ke pelabuhan. Di sisi lain, saya mulai was-was dengan cuaca hari itu. Bali memang sedang diguyur hujan dua Minggu terakhir. Entahlah, kadang hujan lebat yang turun tiba-tiba, begitupun peralihannya yang bisa secara mendadak langit jadi cerah.

Saya tiba tepat waktu sekitar jam delapan pagi di Sanur. Saya segera menuju meja loket Maruti Express yang berada di ujung deretan loket. Sehari sebelumnya saya memang udah telpon Maruti, memastikan jadwal dan harga tiket menyeberang ke Pulau Nusa Penida.

Tujuan utama saya adalah tempat-tempat keren di Penida yang lagi hits. Tapi, trip kali ini bukan tanpa rintangan. Hampir semua jalan menuju objek wisata rusak parah. Tapi bukan berati batal jalan-jalan kan? Ini 6 destinasi yang bisa kamu kunjungi dalam dua hari di Pulau Nusa Penida:

1. Kelingking Secret Point

pantai-kelingking-nusa-penida

Ada yang menyebutnya Kelingking  Secret Point, ada juga yang bilang pantai Kelingking. Yang jelas saya setuju kalau tebing cantik ini disebut tempat tersembunyi atau rahasia. Gimana gak, lokasinya berada di ujung Barat Pulau Nusa Penida.

Dari penginapan, saya menghabiskan waktu sekitar 1 jam 30 menit hingga sampai di Kelingking. Jalanan aspal yang rusak hingga bebatuan tajam saya lewati. Sedangkan pantat dan paha sangat terasa pegal begitu turun dari motor. Wihhh sampai juga di Kelingking. Kesan pertama saya ketika sampai di sini, Waoo tempat ini terlalu cantik!

kelingking-beach-nusa-penida

Kurang puas rasanya ketika saya memotret pemandangan dari atas. Saya beranikan diri melangkahkan kaki ke jalan setapak yang mengarah ke tengah tebing. Karena saya hanya menggunakan sandal jepit, jadi tebingnya sangat licin dikarenakan pecahan bebatuan kecil berjatuhan ke bawah. Saya harus ekstra hati-hati.

Beruntung banget rasanya bisa sampai di bawah dengan selamat. Sementara itu, saya tidak mau membuang banyak waktu. Saya buru-buru mengambil gambar dari sisi bawah tebing. Indahnya luar biasa. Oh yah, semua foto yang ada sayanya, saya ambil sendiri menggunakan tripod. Hah? Yah benar, atas dasar memberanikan diri saya tetap berhati-hati melangkah di bibir tebing. Jika salah langkah sedikit aja, selesai deh masuk ke jurang yang mematikan itu.

kelingking-secret-point-nusa-penida

nusa-penida-kelingking

Tips:
  • Tiket masuk Kelingking Rp. 2000 per/motor
  • Gunakan baju yang menyerap keringat karena di sini panas banget
  • Jika ingin turun ke tebing, gunakan sepatu atau sandal gunung
pantai-kelingking-view-penida-island

2. Broken Beach

broken-beach-nusa-penida

Broken Beach, tebing yang menjorok ke laut ini adalah destinasi kedua yang saya kunjungi. Adanya liang yang seolah menjadi patahan tebing membuatnya disebut sebagai Broken Beach atau pantai yang patah. Lubang yang menganga di bawah tebing yang menyatukannya dengan laut hanya terlihat dari jalan masuk Broken Beach. Unik yah! Bentar, ada kata "menganga" haha

Oh yah, Broken Beach nama kerennya, sementara warga lokal menyebutnya Pasih Uug. Broken Beach berada di desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida. Dari pelabuhan Maruti, perlu sekitar 1 jam 15 menit menuju Broken Beach.

broken-beach-view-nusa-penida

3. Angel's Billabong

angel's-billabong-nusa-penida

Masih berada di area yang sama, Angel's Billabong ini juga jangan sampai lolos. Salah satu destinasi yang paling di "cari" para travelers yang datang ke Nusa Penida. Kubangan air yang berada diantara tebing tajam menjadi spot foto yang sangat diminati. Saya sama sekali tidak berniat foto di bawah karena airnya sedang keruh dan kurang indah dilihat mata. Jadilah saya hanya menikmati view dari atas.

4. Atuh Beach

atuh-beach-nusa-penida

Saya harus bilang Atuh Beach adalah destinasi paling favorit saya. Semua deretan keindahan alam 360 derajat benar-benar membuat saya kagum. Lihat aja birunya laut yang mengundang rasa penasaran ingin berjemur di pantainya.

Sebenarnya pantai Atuh berada di balik  tebing raksasa yang menjulang tinggi. Dari jalanan yang masih diperbaiki, perlu berjalan lagi trekking untuk mencapai Atuh. Karena pegal kaki kemarin belum pulih dari Kelingking, saya putuskan hanya menikmati pemandangan dari bukit Atuh yang mirip perbukitan di Danau Toba tepatnya dari Pucuk Buhit.

pantai-atuh-nusa-penida

atuh-beach-homestay-nusa-penida

Saya diceritakan oleh salah satu pekerja di Atuh ini bahwa sedang dilakukan pembangunan home stay di puncak tebing Atuh. Seperti yang tampak di gambar di atas, home stay ini adalah milik pribadi. Saya khawatir jika nanti pembangunannya udah selesai, mungkin pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari puncak tebing akan dibatasi. Entahlah, menurut saya salah satu keindahan Atuh justru dari puncak tebingnya. Hufft!

pantai-atuh-nusa-penida-island

atuh-cliff-view-nusa-penida

5. Rumah Pohon 

rumah-pohon-nusa-penida

Rumah pohon nan populer itu udah cukup mendunia. Postingan para pengguna instagram udah pasti menjamur tentang keindahan rumah pohon. Di jalan masuk rumah pohon menjadi tempat saya untuk tarik nafas setelah lelah dari Atuh Beach. Sepiring salad yang dihidangkan si Ibu di warung Ocean seolah mengembalikan tahta kekuatan saya, hoho.

Sambil menikmati angin sepoi dari bawah pondok warung Ocean, saya pun mengabadikan beberapa gambar rumah pohon yang memang terletak jauh di tebing bawah. Panas terik membuat saya mengurungkan niat untuk trekking ke bawah. Bye!

Harga tiket masuk Rp. 5000 per orang. Warung Ocean menyediakan beberapa makanan ringan termasuk juga salad buah yang bisa kamu beli. Harganya juga tergolong standar.

salad-rumah-pohon-nusa-penida

rumah-pohon-view-nusa-penida

view-point-rumah-pohon-nusa-pendia

6. Bukit Teletubbies Tanglad

bukit-teletubis-nusa-penida

Sudah lama penasaran ingin mengunjungi bukitnya si " Dipsy" dan teman-temannya. Melewati jalanan rusak, saya akhirnya tiba di Tanglad. Desa wisata dengan hamparan bukit hijau yang mempesona. Saya memang sangat suka dengan bebukitan yang masih alami.

Ada view point di Bukit Teletubbies yang biasa digunakan para pengunjung untuk berfoto. Tapi saya sarankan lanjutkan sekitar 200 meter ke depan untuk melihat view laut dan bebukitan yang gak kalah cantiknya, seperti gambar di bawah ini.

bukit-teletubis-tanglad-nusa-penida

NOTES

  • Harga tiket penyebrangan Sanur - Nusa Penida via Maruti Express 75K Contact: 0811 388 864.
  • Sanur- Nusa Penida sekitar 55 menit.
  • Penginapan dekat pelabuhan Maruti, La Nusa Home Stay,                            Contact: 0812 3711 2868 (Pak Nyoman) Harga kamar di La Nusa Mulai 150K bisa buat dua orang.
  • La Nusa juga menyewakan scooter & mobil. Harga mulai 75K.

La-nusa-hone-stay-nusa-penida

Punya destinasi favorit di Nusa Penida? Kasih tahu di bawah, siapa tahu bisa saya kunjungi di trip berikutnya 🙂

23 Comments

  1. Bookmark dulu ah… buat itin ke nusa penida

  2. Informasi bagus nih.
    Semoga sempet ke sini lah dalam waktu dekat ini, hehehe.. biar kekinian. 😀

  3. beeeuuuuuh tempatnya merangsang.. cocok untuk bulan madu kedua!
    btw, itu yang pantai kelingking kenapa kece gitu sih? tapi dengan cara pengambilan fotomu bang, itu ngajarin anak alay untuk mati lebih cepat hahaha

  4. Duuhhh akhirnya sukses ke sini yak. selamat!

  5. kece badai ini mah
    eh itu di kelingking bisa turun ke pantainya kah?
    di bawah itu keknya ada pasir-pasirnya?

  6. ini kayaknya cocok untuk mencari/menikmati sisi lain Bali yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai

  7. Gw kayak nya mesti balik lagi ke penida dan explore lebih lama, 1 hari ngak puas disana

  8. Cantik banget kak. Seru banget kayanya untuk menuju ke pantai yang kelewat indah itu harus melalui perjalanan yang tidak mudah, tapi setimpal dengan apa yang menunggu di akhir perjalanan.

  9. weeewwww… ini yang belum pernah saya lihat. mantebb ternyata, itu bisa ke pantai dibawah tebing ngga? mesti pake boat ya? kelingking point nya.

    this is awesome dude!!!

  10. Keren banget Nusa Penida. Bukitnya tinggi-tinggi. Jadi serem-serem gitu kalau manjat.

  11. kebetulan banget, lagi rencana ke nusa penida, terus ketemu blog post ini.. makasih ya buat infonya 😀

  12. Kece bangeeet jadi pengen ngagendain ke sini. Ini solo trip ya Kak? Kereen 😀

Leave a Reply