DESTINATION, Java, Jawa

5 Destinasi Ini Wajib Dikunjungi Di Jawa Tengah

Seperti postingan saya sebelumnya Pesona Jawa Tengah Dalam Balutan Parade Seni Budaya ini bukan kali pertama saya menginjakkan kaki di Jawa Tengah. Tapi setiap kali traveling ke bagian tengah pulau Jawa ini selalu ada hal baru yang membuat saya kangen. Terutama cewe-cewe berparas cantik, lah!.

Ada 5 destinasi yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah tapi sebelumnya saya mau bahas sedikit cara menuju Jawa Tengah. Oh yah Jawa Tengah tentunya punya sekitar 35 kabupaten kota yang masing-masing punya objek wisata. Tergantung kegemaranmu mau explore daerah mana. Katakanlah ada Semarang, Magelang, Klaten dan masih banyak lagi keindahan di setiap sudut Jawa Tengah.

candi-gedong-songo

Beberapa waktu lalu saya berangkat ke Semarang dari Denpasar menggunakan jalur udara. Tentunya ini menjadi cara paling cepat untuk bisa sampai di Jawa Tengah. Jika sedang low season harga tiket kelas ekonomi di kisaran Rp.750.000 - Rp.1.000.000 dan saya pesan lewat online biar praktis. Sebenarnya harga tiket bisa mendadak murah atau pun sebaliknya. Namun beberapa kali pesan lewat online agent, saya mendapatkan keuntungan. Selain gak ribet, sering pula dapat promo tiket yang pastinya ini sangat membantu budgeting saya.

Oh yah kemarin saya pesan tiket lewat Tiket2.com karena lagi ada promo juga. Lumayan saya dapat harga lebih murah dari biasanya kalau ke Semarang. Pesannya di Pesan Tiket Murah. 

tiket2

ticket2-online

1. Umbul Ponggok

Beberapa bulan sebelum ke objek wisata ini, saya udah sering melihat posting foto para pengguna instagram. Ada yang foto di bawah air ala ala prewed, ada pula sampai membuat konsep camping. Dan ketika tahu tempat hits ini menjadi salah satu destinasi saya di Jawa Tengah, saya malah ketawa sendiri sekaligus senang. “Lah ini kan yang lagi heboh di instagram?” halah.

Oh ya, air di Umbul Ponggok ini adalah air tawar dan lumayan dingin. Namun yang membuat saya kagum adalah warna air seperti warna air laut. Biru dan jernih. Luar biasa!

umbul-ponggok-klaten-jawa-tengah

destinasi-jawa-tengah

2. Candi Plaosan 

Jawa Tengah tidak bisa dipisahkan dari sekian banyak Candi. Kalau di  Sleman, Jogjakarta ada Candi Prambanan, maka di Magelang Jawa Tengah ada Candi Borobudur. Tapi hey! Candi yang tidak kalah mengagumkan adalah Candi Plaosan Lor. Terletak di desa Bugisan, Klaten, Plaosan menjadi Candi yang kini banyak dikunjungi wisatawan. Selain sejarahnya yang menarik Candi Plaosan juga tetanggaan dengan Candi Plaosan Kidul. Oh yah, foto pas lagi Sunset di sini cantik.

candi-plaosan-lor-magelang

3. Bukit Punthuk Setumbu

Bukit yang menjadi sensasional dan buah bibir di mana-mana pasca film AADC 2 tayang di bioskop. Adegan Rangga dan Cinta direkam di Punthuk Setumbu. Indah memang! Dari puncak bukit ini kita bisa menyaksikan semburat cahaya Sunrise dan juga Candi Borobudur. Terlihat kecil sih tapi untuk sekedar menikmati lumayanlah. Buat kalian yang ingin melihat pemandangan lebih dekat, mungkin bisa membawa teropong. Jangan teropong hati jomblo karena udah bakalan ketahuan isinya luluh lantak.

punthuk-setumbu-bukit-magelang

punthuk-setumbu-bukit-magelang-jateng

4. Gereja Merpati Bukit Rhema

YANG BENAR ADALAH GEREJA MERPATI BUKAN AYAM.

Yang jelas bangunan yang serba digantung ini masih satu paket dengan Punthuk Setumbu. Habis menikmati Sunrise di Punthuk, tinggal jalan kaki 20 menitan lagi udah tiba di Bukit Rhema. Jangan lupa, gereja ayam ini juga merupakan tempat pengambilan adegan Rangga dan Cinta di film AADC 2. Kalau sedang banyak pengunjung, kita harus sabar antri buat naik ke kepala gedung ini.

gereja-ayam-merpati-bukit-rhema

5. Candi Gedong Songo

Salah satau Candi dengan view terbaik menurut saya dalah Gedong Songo. Bagaimana tidak, berada di ketinggian bukit, candi-candi yang tersebar dibeberapa titik ini pun begitu cantik dan menawan. Pemandangan hutan pinus dan juga ladang alami begitu nyata di depan mata. Cuaca yang sejuk membuat petualangan di Candi ini begitu asik. Buat yang mau mencoba sensasi naik kuda dari titik awal hiking, silahkan pesan kuda di loket. Harga mulai dari 80 ribu saja per orang.

candi-gedong-songo-bandungan-jateng

Bagaiman dengan pengalaman kalian, destinasi favoritmu di Jawa Tengah apa? Coba kasih tahu di bawah!

25 Comments

  1. Evi

    Ah Jawa Tengah memang cantik, nggak hanya gadis-gadisnya saja. Saya bolak-balik ke Jawa Tengah tapi belum sempat ke gereja Ayam ini. Balik lagi ke sana tampaknya harus diniatkan banget naik ke gereja Ayam 🙂

  2. Ga kebayang jawa tengah punya 35 kabupaten, dan tiap kabupaten punya objek wisata kalo mau explore semua ga cukup sebulan kali ya…

  3. indah sekali tempat – tempat itu kak,
    apalagi kalau didatangi dengan yang tersayang, pasti menyenangkan ya

  4. wiiiih ! tempatnya hits semua, aah aku pengen kesana, apalagi Punthuk Setumbu, apalagi kalau ada Cintanya 🙁

  5. langsung saya kasih backlink mas richo hahah nice deh

  6. Aku paling suka umbul ponggok karena ada foto akunya (halah)!!

    Enggak ding.. yang paling aku suka karena akhirnya aku bisa buka mata di air huhuhuh

  7. Menyenangkan memang kalau main di Jateng. Banyak tempat yang asyik dikunjungi

  8. Itu motor benaran mas atau bohongan ?

  9. Itu ma biasa banget gan, ada yang lebih dari itu…

  10. Paling suka saat di Punthuk Setumbu sama Gedong Songo, Om, menyegarkan 🙂

  11. belum pernah saya ke 5 destinasi wajib itu … paling saya hanya pernah ke sunnah2-nya aja 🙂

  12. adis takdos

    nice info! Tambahan referensi kalau jalan2 yeay!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    http://www.whateverbackpacker.com

  13. #JatengGayeng memang luar biyasa!

    Rasanya tak habis2 tiap tahun eksplor ke sini. Terakhir ke kab. Purworejo dan kab. Kebumen. Tapi favoritku tetap… AMBARAWA!

    😀

Leave a Reply