DESTINATION, Sulawesi

4 Pantai Cantik Di Bitung, Sulawesi Utara

Denpasar-Makassar-Ternate-Manado-Bitung. Rute yang sangat panjang!

Ada ungkapan yang menyatakan kalau mau melihat yang indah-indah musti berjuang dulu. Sepertinya saya sepakat kali ini dengan pernyataan yang belum diketahui siapa pencetus awalnya. Yang pasti 3 kali gonta-ganti pesawat bukan pasangan   cukup membuat belahan pantat saya tidak sejajar lagi.

Hari pertama tiba di Bitung, cuaca lumayan terik namun tidak sampai membakar kulit. Sebelum sampai di penginapan yang udah disediakan oleh penyelanggara Festival Selat Lembeh  saya bersama 6 orang teman lainnya mampir makan siang di Riverside Resto & Cafe. Karena ini adalah kali pertama saya ke Sulawesi Utara jadi tidak paham betul makanan khas lokal. Saya mendengar beberapa kali teman-teman mengucapkan ikan Cakalang. Jujur saya bukan pecinta kuliner atau ahli gitu. Tapi memang Cakalang ini masih baru saya dengar. Duhh maafkan!

Hari pertama kami menghadiri Pembukaan Festival Selat Lembeh. Pagelaran tahunan yang selalu diadakan di pelabuhan pelelangan Bitung, Sulawesi Utara. Tahun ini beda karena antusias masyarakat sangat tinggi sampai turis mancanegara pun turut meramaikan festival Lembeh. Saya akan cerita detail tentang Festival Selat Lembeh di postingan berikutnya. Kali ini saya sungguh gak sabar berbagi pengalaman explore pantai-pantai cantik nan eksotis di Bitung.

Ada 4 pantai di Bitung , Sulawesi Utara yang wajib didatangi kalau berkunjung ke Bitung:

1.  Pantai Serena di Pulau Serena

pantai-serena-bitung-sulawesi-selatan-beach

Terdengar seperti Pantai di Amerika Latin, Serena. Tapi memang nama pantai ini cukup unik. Nama pulaunya Serena dan nama pantai di salah satu bagian pulaunya adalah Serena juga. Pantai Serena sangat sepi dan nyaris tidak ada orang ketika saya menyambanginya. Air laut yang tenang seolah menyambut baik kedatangan kami. Tekstur pasir pantai Serena cenderung kasar memang ditambah lagi bebatuan kecil hitam dan merah menyebar di bibir pantai. Namun air lautnya masih bersih dan karangnya masih tumbuh bagus.

pantai-serena-bitung-sulut

Pantai ini cocok digunakan untuk berjemur dan bersantai saja. Saya sih tidak rekomendasikan untuk berenang di tengah laut karena bebatuannya cukup tajam dan biota lautnya ada sebagian yang menyengat. Saya jadi korban tumbuhan laut yang menyengat betis saya. Saat tulisan ini dikerjakan, kaki saya masih gatal dan bengkak. Tapi kabar baiknya adalah laut di sini sangat tenang dan spot foto sangat cantik untuk diabadikan. Berjalanlah ke arah barat, di sana ada batu besar yang berlobang. Spot yang wajib difoto kalau ke Serena. Bongkahan batu alami menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

pantai-serena-bitung-sulawesi-utara

2. Pantai Pasir Putih Baturiri (Pulau Lembeh)

pantai-pasir-putih-baturiri-pulau-lembeh-bitung

Pantai Pasir Putih Baturiri ini berada di Pulau Lembeh. Dari pulau Serena hanya sekitar setengah jam menyeberang. Baturiri adalah pantai favorit saya di Bitung. Tekstur pasirnya lembut. Air lautnya juga tenang jadi sangat cocok untuk snorkeling atau sekedar berenang. Oh yah, menurut Mas Bobby (guide kami selama di Bitung) bilang kalau pantai ini dulunya di bawah pengelolaan resort yang ada di sini. Dulu pantai ini sangat rahasia dan hanya tamu-tamu resort aja yang bisa nangkring di sini. Nah, entah kenapa resort ini udah gak beroperasi dan bekas-bekas bagunannya tinggal puing-puing dan hanya tersisa 1 rumah yang juga tidak layak huni.

pantai-pasir-putih-baturiri-pulau-lembeh-bitung-beach

pantai-pasir-putih-baturiri-pulau-lembeh-bitung-ayunan

Pantai ini juga sepi, makanya saya cukup betah di sini. Ada ayunan pula yang sedang nganggur, jadilah saya melenggak lenggok di atas papan bertali. Beneran deh, angin sepoi, laut biru yang tenang dan pohon hijau yang rindang membuat suasana di sini susah dilupakan. Jadi pengen balik!

pantai-pasir-putih-baturiri-pulau-lembeh-bitung-model

3. Pantai Batu Putih Taman Wisata Alam Tangkoko

pantai-pasir-putih-tangkoko-bitung

Pantai Batu Putih terletak di TWA (Taman Wisata Alam) Tangkoko. Pantai berpasir putih kecokelatan ini masih menjadi bagian dari hutan lindung Tangkoko. Persis di samping pantai ini ada penangkaran penyu, jadi buat pengunjung yang berpetualang di hutan Tangkoko, pantai Batu Putih bisa menjadi pelepas lelah habis trekking.

Pilihan lain di hutan konservasi ini bisa melihat langsung binatang keluarga monyet terkecil Tarsius dan Yaki. Ada juga jenis binatang lain seperti Kuskus dan burung Rajawali. Di sini lain, pastikan stamina terjaga untuk trekking menuju pantai Batu Putih karena perlu waktu sekitar 2 jam pulang pergi dari pos keberangkatan.

pantai-pasir-putih-tangkoko-bitung-twa

4. Pantai Batu Angus

pantai-di-bitung

Hitam, hitam dan hitam!

Kalau  tujuannya mau leyeh-leyeh di atas pantai pasir putih, sepertinya pantai Batu Angus ini bukanlah pilihan yang tepat. Tapi jangan sedih dulu, sisi lain dari keindahan alam Bitung terletak di sini. Setelah trekking sekitar 30 menit dari parkiran, saya dan teman lainnya pun ngosngosan sampai di sini. Namun hal yang menarik adalah seluruh bibir pantai ditutupi oleh batu kerikil hitam dengan berbagai bentuk. Airnya ternyata jernih namun karena efek bebatuan dan pasir hitam warna airnya terlihat hitam.

Selain itu ada muara di sisi barat pantai Batu Angus yang terbentuk secara alami karena lava dingin gunung Tangkoko. Sayang karena sudah terlalu gelap, saya tidak berhasil mengabadikan muaranya.  Oh yah, tiket masuk ke Batu Angus 10 ribu per orang.  Sementara dari Pusat Kota Bitung, perlu waktu 1 jam 30 menit menuju wisata ini.

pantai-batu-angus-bitung-batu-hitam

Punya pantai favorit juga di Bitung? Coba kasih tahu di bawah!

41 Comments

  1. wkwkwk belahan pantat ga sejajar? kalah sama yaki tar..duh salah fokus lagi!

    Iya bener banget pantainya enak buat berjemur cantik yakk

  2. Perjalanan mu panjang yaaa pake ke ternate segala, muter2 manja gitu padahal.cuman mau ke manado hehehe

  3. Evi

    Buset keempat pantainya airnya mengundang untuk nyebur. Nggak salah ya butuh perjuangan untuk sampai ke tempat ini. Tapi bagus juga sih tempatnya jauh dari Jakarta kalau dekat takutnya cepat rusak oleh anak anak alay 🙂

  4. wah pantai di Bitung ternyata kece-kece, jadi pengen ke bitung

  5. Aku nggak sempet ke Pantai Batu Anguuus 🙁

  6. Katanya masih banyak lagi bang Naga pantai-pantainya, aku curiga di Pulau Lembeh ada yang kece-kece juga. Tapi sayang waktu tak cukup

  7. Aku paling suka Batuangus, apalagi selama di sana cuaca mendung, cocok banget bikin foto hitam putih 🙂

    *sambil benerin belahan pantat yg gak sejajar*
    *pantat yaki*

  8. Bob Barry

    (bicara pantai)
    masih ada pantai kahona.. pantai kanada.. pantai kasuari.. pantai benteng.. dst
    idealnya sih seminggu for explore spot spot wisata di kota Bitung & Pulau Lembeh 🙂

  9. arvi rambebuoch

    Bangga jadi orang Bitung

  10. Bob Barry

    siip.. di tunggu bang 🙂

  11. Romy

    Jika datang ke Bitung jangan lupa hubungi Febrian Tour and Travel Bitung

  12. fadly

    padahal di batu angus bagus banget buat snorkling

  13. kapan ada waktu , kepingin juga saya main kepantai ini……..

  14. David Langitan

    Terima kasih sudah berkunjung ke Bitung. Nanti kalo datang lagi pastikan Ambil cutinya yang banyak. Masih banyak tempat wisata pantai yang belum sempat ditulis. Hehehe.. juga ada tempat-tempat bagus buat foto-fotoan.

  15. Gak pernah bisa deh lewatin tulisan apa pun tentang pantai, terus abis baca ini gak nyesel, pengen langsung ke Sulawesi! Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Syanu.

  16. Kak, kalo jalan jalan tolong sekalian itung itungan budjet nya dong. terimakasih.

    salam kenal ya kak. Fatim

  17. Tabea… Salam kenal dari Sulawesi Utara (Sulut). Mari Jo Ke Sulawesi Utara. Terima kasih,-

Leave a Reply