Bali, DESTINATION

3 Air Terjun Ini Jadi Primadona Di Bali

air-terjun-di-bali

Air terjun di Bali banyak banget. Para traveler yang mampir ke Bali berbondong-bondong untuk explore alam Bali. Di Instagram cukup mudah menemukan foto-foto air terjun di Bali. Beberapa waktu lalu saya search daftar air terjun di Bali dan yang muncul pun banyak betul. Bali Utara mungkin salah satu "sarang" air terjun yang cantik-cantik di Bali. Namun kali ini air terjun yang tidak kalah eksotis pun rupanya ada di Gianyar Bali dan juga di Bedugul. Ini dia 3 Air terjun yang menjadi primadona di Bali saat ini versi richotraveling. Let's go!

1. Air terjun Goa Rang Reng  

Air terjun ini cukup unik yah. Selain airnya yang jernih, ada pula Goa di sekitarnya yang disebut Goa Rang Reng. Sayangnya karena udah terlalu sore, saya tidak sempat memasuki Goa.

Bebatuan di air terjun ini licin. Jadi berhati-hatilah kalau mau jalan ke puncak air terjun. Untuk lebih aman lagi, dari sebelah kiri air terjun ada jalan menuju ke atas dan disediakan tali. Silahkan menggunakannya demi keamanan.

Air terjun Goa Rang Reng terletak di Banjar Gitgit, Desa Babakan, Gianyar Bali. Dari bandara Ngurah Rai sekitar 45 menit. Sedangkan jalan kaki dari parkiran sekitar 3 menit. Retribusi masuk adalah 5K.

air-terjun-goa-rangreng-gianyar

air-terjun-goa-rangreng-gianyar-bali

air-terjun-goa-rangreng-gianyar-bali-indonesia

2. Air terjun Kanto Lampo

Masih berada di kabupaten yang sama bahkan di daerah yang berdekatan, air terjun Kanto Lampo juga sangat menyenangkan. Selain bentuk bebatuannya yang unik, saya suka banget dengan suhu airnya yang tidak begitu dingin namun tetap membuat badan segar.

Letaknya di banjar Kelod Kangin, Desa Beng Kabupaten Gianyar, Bali. Air terjun Kanto Lampo ini bisa dibilang treknya lebih mudah dari air terjun Goa Rang Reng. Mobil dan sepeda motor bisa masuk tidak jauh dari titik air terjun. Namun perlu diperhatikan tangga bebatuannya licin. Hati-hatilah ketika berjalan. Retribusi masuk adalah 5K.

kanto-lampo-waterfall-gianyar-bali

kanto-lampo-waterfall-gianyar-bali-shoot

kanto-lampo-waterfall-gianyar-bal-richotraveling-com

3. Air terjun Banyumala 

Ada yang menyebutnya Banyumala Twin Waterfall, ada juga yang bilang Air Terjun Banyumala. Sebenarnya sama aja. Memang air terjun ini terbagi dua aliran dari atas bukit. Yang jelas ini adalah salah satu air terjun yang paling cantik menurut saya yang ada di Bali. Suasana yang begitu tenang, hijau dan bersihnya juara banget.

Ketika saya datang ke Banyumala, saya melihat beberapa warga lokal yang menjadi pengelola air terjun sedang gotong royong membersihkan sekitaran air terjun. Contoh yang oke banget. Treknya lumayan menantang karena turunnya curam dan menggunakan tangga bambu.

Air terjun Banyumala terletak di desa Pakraman Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Oh yah air terjun ini berdekatan dengan Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Kalau trip seharian bisa mengunjungi semua destinasi ini. Dari bandara Ngurah Rai sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Mobil dan sepeda motor bisa masuk hingga ke parkiran air terjun. Namun perlu hati-hati karena jalanan ke air terjun ini belum begitu bagus. Kemudian dari parkiran harus berjalan kaki sekitar 10 menit menuju air terjun. Retribusi masuk adalah 10K per orang.

Stay cool and enjoy this heaven!

banyumala-twin-waterfall-buleleng-bali-richotraveling

banyumala-twin-waterfalls-bali

banyumala-waterfall-buleleng-bali

banyumala-waterfall-buleleng-bali-richotraveling-com

Kalian punya air terjun favorit gak di Bali? Coba kasih tahu di bawah!

20 Comments

  1. Bali lagi manja air terjun, kayak nya semua mulai terexpose maximal trus haruskan aku ke bali berburu air teejun ???

  2. subhanallah, bagus bangetttt! masih asri yak! ajak genk binal piknik dimari dong kak richo. buat yoga ala-ala cocok banget nih! menyerap energi alam yang positif. biar mengurangi kadar kebinalannya hahaha

  3. beberapa kali ke bali belum pernah explore air terjunnya kebanyakan main ke pantai 🙁

  4. bali gak sekedar pantai ya ito

  5. Wih air terjun Kanto Lampo kayaknya paling asyik ya bertingkat dan debitnya paling besar.. kalau ke Bali musti mulai eksplore yang lokasi ginian nih

  6. Balimemang selalu bikin happy, alamnya kece-kece banget,,

  7. Keknya air terjun Banyumala bakalan jadi favoritku deh…

  8. Banyumalanya keren banget

  9. Air terjun goa rang reng done bang naga, tinggal 2 lagi dari list ini. Mudah-mudah sebelum pulang kampung sudah kelar semua

    *ngarep aja dulu

  10. Asiikk… Seger banget air terjunnya.

  11. Evi

    Kalau di Bali biasanya Cuma berkutat di sekitar pantai, Ubud dan eksplorasi budaya. Kepikiran kalo bali alamnya tidak hanya pantai tapi juga ada air terjun. jadi next kunjungan sudut pandang mencari destinasi harus dirubah 🙂

  12. Air terjun Banyumala kece banget, tapi pake jalan jauh ya 😀

Leave a Reply